Berdasarkan data sensus penduduk dari Badan Pusat Statistik tahun 2020, proporsi generasi milenial di Indonesia mencapai angka 25,87% dan generasi Z berada di angka 27,94%. Hal ini mengindikasikan bahwa Indonesia akan memiliki pangsa pasar besar yang berasal dari dua generasi tersebut di masa depan yang turut mewakili jumlah tenaga kerja produktif.
Perkembangan tersebut turut memberikan pengaruh besar terhadap kondisi penetrasi internet dan pasar ekonomi digital sebagai faktor yang berperan penting dalam mendorong keberhasilan industri di Indonesia. Berdasarkan Survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) tahun 2019 - 2020, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta atau 73,7% dari total populasi yang ada dengan didominasi oleh kelompok milenial.
Selain itu, berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional yang diolah oleh Lokadata.id tahun 2019, dari 47 juta milenial pengguna internet, sebanyak 17% atau sekitar 7,8 juta di antaranya suka berbelanja secara online. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan penguasaan teknologi, penetrasi internet dan intensitas pengguna internet yang sejalan dengan tingkat konsumsi yang tinggi membuat kelompok milenial semakin peka terhadap inovasi dari berbagai produk dan layanan yang ditawarkan. Untuk itu, kini pemasaran produk dan layanan perlu menyertakan inovasi yang tepat untuk menggapai kelompok milenial.
Berdasarkan hal tersebut, Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia yang telah berupaya membantu kelompok milenial menjadi bagian penting dalam perkembangan bangsa Indonesia, khususnya di tengah kondisi sulit pandemi Covid-19 melalui Indonesia Millennial’s Choices Brand Award 2021 yang bertemakan Reaching Prosperity, Utilizing Convenience, Accompanying into The Future pada 24 Juni 2021.