Pemberitahuan Privasi Allianz Indonesia

Mulai berlaku: 15/07/2024

Kami, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (“Allianz Indonesia”), merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum. Kami menyadari bahwa informasi yang kami dapatkan dari Anda bersifat sangat rahasia. Untuk itu, melindungi privasi Anda merupakan prioritas bagi kami.

Allianz Indonesia memegang teguh komitmen untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan Data Pribadi yang Anda berikan.

Siapa pun Anda, apakah Anda adalah seorang calon nasabah atau nasabah, rekanan, pelamar kerja, calon agen atau agen, pegawai dan/atau Subjek Data Pribadi lain yang Data Pribadinya diproses oleh Allianz Indonesia, pelindungan Data Pribadi Anda merupakan komitmen bagi kami, dan merupakan bentuk kepatuhan kami kepada peraturan terkait pelindungan Data Pribadi yang berlaku di Indonesia, terutama Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi, termasuk segala perubahannya dari waktu ke waktu (“UU PDP”).

Kecuali didefinisikan lain dalam Pemberitahuan Privasi Allianz Indonesia ini, setiap istilah yang dimulai dengan huruf kapital memiliki arti yang sama dengan istilah yang terdapat dalam UU PDP. 

Masing-masing PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia adalah Pengendali Data Pribadi yang berdiri masing-masing atau dapat berperan sebagai Pengendali Data bersama sesuai dengan UU PDP.

 

Jika Allianz menjadi Pengendali Data Pribadi Bersama, maka Kami akan mengikuti ketentuan Undang-Undang yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas yaitu:

  1. Menyusun Perjanjian Kerja Sama yang jelas antara Pengendali Data Pribadi;
  2. Menyusun dan menentukan tujuan pemrosesan data secara bersama-sama
  3. Menunjuk narahubung secara bersama-sama.

Selain itu, jika ke depannya Allianz bertindak sebagai Prosesor Data Pribadi, maka sesuai Undang-Undang yang berlaku, Kami berkewajiban untuk melakukan pemrosesan data pribadi sesuai dengan perintah Pengendali Data Pribadi dan mematuhi segala ketentuan yang telah diatur Undang-Undang dan Perusahaan, serta Kami bertanggung jawab atas segala aktivitas pemrosesan data pribadi.

Kami dapat memproses Data Pribadi Anda sebagai Subjek Data Pribadi. Adapun tujuan dari pemrosesan Data Pribadi ini (“Tujuan Pemrosesan”) adalah, secara umum, dilakukan dalam rangka (i) penyediaan layanan jasa asuransi dan memberikan pertanggungan atau perlindungan kepada Subjek Data Pribadi, sebagai calon nasabah atau nasabah Allianz Indonesia; dan (ii) kegiatan operasional perusahaan lainnya. Tujuan Pemrosesan tersebut mencakup:

1.       Penutupan Asuransi, Administrasi Polis dan Penyediaan Jasa Asuransi

  • Proses pengajuan permohonan asuransi;
  • Penerbitan dan pengiriman polis, baik menggunakan e-mail, fax atau surat;
  • Penilaian risiko asuransi;
  • Kegiatan operasional Allianz Indonesia;
  • Pengajuan dan penanganan setiap klaim (termasuk namun tidak terbatas pada pemeriksaan dan investigasi klaim);
  • Pemrosesan dan pembayaran manfaat asuransi/klaim;
  • Keperluan ko-asuransi termasuk penanganan klaim yang timbul atas ko-asuransi;
  • Pelayanan nasabah termasuk penanganan keluhan/komplain;
  • Pembayaran komisi;
  • Kerja sama terkait proses permohonan asuransi dan/atau klaim (baik permohonan asuransi dan/atau klaim yang Anda ajukan di Allianz Indonesia atau perusahaan asuransi lainnya);
  • Kerja sama dalam rangka penemuan atau pencegahan penipuan dan kejahatan keuangan;
  • Setiap proses hukum yang melibatkan Allianz Indonesia dan/atau tenaga pemasarnya;
  • Kerja sama reasuransi dan/atau retrosesi;
  • Proses lainnya yang terkait dengan penyelenggaraan kegiatan asuransi.

2.       Perekrutan Pegawai

  • Pemeriksaan latar belakang calon pegawai dan/atau pegawai;
  • Pemeriksaan kesehatan calon pegawai dan/atau pegawai;
  • Dokumentasi dan administrasi sehubungan proses penerimaan pegawai dan pelaksanaannya; dan/atau
  • Pemberhentian pegawai

3.       Pengunjung Situs

Menyediakan, melanjutkan dan melakukan peningkatan operasional pada website Allianz Indonesia untuk pengunjung website.

4.       Pemasaran

  • Menghubungi Anda untuk pelayanan administrasi dan terkait dengan produk dan layanan kami;
  • Melakukan riset pasar untuk keperluan bisnis dan melakukan analisis pemrofilan dan statistik;
  • Menyediakan informasi umum mengenai produk dan layanan kami, termasuk namun tidak terbatas pada pengumuman di media, promosi dan diskon produk; dan/atau
  • Melakukan pemasaran dan promosi termasuk namun tidak terbatas pada mengadakan undian berhadiah, atau informasi lain yang mungkin Anda minati, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan kami.

5.       Perekrutan Agen

  • Pemeriksaan latar belakang calon agen dan/atau agen;
  • Dokumentasi dan administrasi sehubungan proses penerimaan agen dan pelaksanaannya, termasuk pembayaran komisi agen, promosi dan demosi agen dan proses keagenan terkait lainnya sesuai dengan kebijakan di Allianz Indonesia; dan/atau
  • Pemberhentian agen.

 

6.       Dalam Perihal Pemenuhan Kepentingan dan Kewajiban Hukum

  • Kepatuhan terhadap perintah pengadilan, hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Melakukan due diligence (uji kelayakan), termasuk dalam rangka mematuhi ketentuan Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, serta Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (AML/CFT) dan kepatuhan terkait hukum yang berlaku;
  • Menanggapi perintah pengadilan atau proses hukum atau permintaan dari regulator mana pun atau pihak berwenang atau untuk melindungi terhadap penipuan atau aktivitas ilegal lainnya atau untuk tujuan manajemen risiko atau untuk memungkinkan Allianz Indonesia untuk melakukan upaya hukum yang tersedia atau membatasi kerusakan yang mungkin terjadi terhadap Allianz Indonesia, dan/atau mematuhi hukum dan proses hukum termasuk tetapi tidak terbatas pada peraturan Foreign Account Tax Compliance Act (FATCA) dan Common Reporting Standard (CRS) (“Kebutuhan Pelaporan Pertukaran Informasi Antar Negara”). 

Anda sebagai Subjek Data Pribadi juga harus bersedia untuk memberikan informasi/dokumen yang diperlukan guna memenuhi kebutuhan terkait (“Informasi Terkait”) dan dengan segera menyampaikan pembaruan data kepada Allianz Indonesia jika ada perubahan atas Informasi Terkait tersebut. 

7.       Kegiatan Lainnya

  • Memfasilitasi peningkatan infrastruktur sistem dan operasi bisnis kami yang memungkinkan kami memberikan layanan yang lebih baik kepada Anda sehubungan dengan polis asuransi Anda;
  • Melakukan dan menangani kegiatan bisnis, termasuk namun tidak terbatas pada pemulihan bencana dan penyimpanan data;
  • Apabila ada, memfasilitasi potensi akuisisi, pemisahan dan penggabungan dengan organisasi lain dan transaksi korporasi lainnya;
  • Melakukan respon, menangani dan memproses pertanyaan, permintaan, pendaftaran atau komplain;
  • Melaksanakan seluruh hak dan kewajiban Allianz Indonesia dan Grup Allianz yang mungkin terdapat hubungan dengan produk dan layanan kami, termasuk namun tidak terbatas pada audit, kepatuhan dan investigasi;
  • Melindungi hak dan properti Allianz Indonesia; dan
  • Melaksanakan kepatuhan kepada setiap peraturan dan undang-undang yang berlaku di Indonesia, terkait dengan dasar hukum kewajiban hukum.

Allianz Indonesia perlu menggunakan Data Pribadi Anda untuk setiap Tujuan Pemrosesan di atas. Kami akan menggunakan dasar hukum pemrosesan yang paling sesuai dengan Tujuan Pemrosesan Data Pribadi Anda berdasarkan UU PDP. Dasar Pemrosesan Data Pribadi Anda oleh Allianz Indonesia adalah satu atau lebih dari dasar-dasar pemrosesan berikut ini:

1. Pemenuhan Kewajiban Kontrak

Karena kami perlu menggunakan Data Pribadi Anda sehingga kami dapat memproses permintaan Anda untuk menandatangani kontrak dengan Allianz Indonesia, penerbitan polis Anda dan melaksanakan kontrak yang kami miliki dengan Anda. Contoh: proses penerbitan polis berdasarkan kontrak antara Allianz Indonesia dengan Anda, melakukan pembayaran klaim Anda, proses penandatanganan perjanjian keagenan dengan agen atau perjanjian kerja dengan pegawai.

2. Pemenuhan Kepentingan yang sah

Sebagai perusahaan jasa keuangan, Allianz Indonesia memiliki kepentingan bisnis yang sah untuk menggunakan Data Pribadi yang kami kumpulkan guna menawarkan layanan yang efektif dan menjalankan bisnis dan kegiatan operasional kami. Contoh: Kami akan melakukan analisis dan menggunakan data untuk mempersonalisasi pengalaman Anda dalam menggunakan layanan Allianz Indonesia.

3. Kepatuhan terhadap kewajiban hukum

Terdapat situasi di mana Allianz Indonesia tunduk pada kewajiban hukum dan perlu menggunakan Data Pribadi Anda untuk mematuhi kewajiban tersebut. Contoh: Mengirimkan Data Pribadi (seluruh Subjek Data Pribadi) kepada pihak yang berwenang seperti otoritas terkait (Otoritas Jasa Keuangan), pengadilan, kepolisian, lembaga perpajakan dan pihak berwenang lainnya.

4. Untuk melindungi kepentingan vital Anda atau orang lain

Terdapat situasi di mana kami mungkin perlu menggunakan informasi pribadi Anda untuk melindungi kepentingan vital Anda atau orang lain. Contoh: Jika kami mengumpulkan dan memproses informasi medis dalam keadaan darurat medis dan Anda tidak mampu memberikan persetujuan Anda.

5. Persetujuan

Selain itu, kami dapat mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi Anda jika Anda telah memberikan persetujuan kepada kami untuk melakukannya. Contoh: Kami menanyakan terkait apakah Anda bersedia untuk dihubungi untuk tujuan pemasaran dan jika Anda setuju untuk dihubungi, kami dapat menghubungi Anda sewaktu-waktu untuk memberikan informasi terbaru terkait produk Allianz Indonesia. Untuk menghindari keraguan, “persetujuan” bukan merupakan dasar yang kami gunakan untuk Tujuan Pemrosesan “Penutupan Asuransi, Administrasi Polis dan Penyediaan Jasa Asuransi” tersebut di atas.

 

Jika dasar pemrosesan Data Pribadi Anda oleh kami adalah persetujuan, Anda dapat menarik persetujuan Anda terhadap pemrosesan tersebut kapan saja, termasuk dengan secara online atau dengan menghubungi ke:

Allianz Care

Allianz Care untuk Allianz Life dan Allianz Utama

Allianz Care untuk Allianz Syariah

  • Tel: 1500 139
  • Email Allianz Syariah: allianzcaresyariah@allianz.co.id   

Dalam rangka pemenuhan dan pencapaian Tujuan Pemrosesan tersebut di atas, Allianz Indonesia perlu untuk mengumpulkan Data Pribadi dari Subjek Data Pribadi secara langsung atau pun melalui pihak ketiga lainnya (dengan tunduk pada kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku). Pengumpulan Data Pribadi dilakukan secara terbatas dan spesifik, hanya mencakup informasi yang relevan dan diperlukan untuk memberikan layanan asuransi yang efektif dan efisien. Perlu diingat bahwa Data Pribadi yang diproses akan berbeda-beda bergantung pada Tujuan Pemrosesan dan aktivitas pemrosesan Data Pribadi. Secara umum, Data Pribadi yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

  • Nama, nomor telepon, alamat e-mail, alamat tempat tinggal dan alamat korespondensi;
  • Nomor kartu identitas atau paspor dan data kelahiran;
  • Pekerjaan, gender, status perkawinan, pendidikan dan tingkat pendapatan;
  • Sehubungan dengan produk atau layanan tertentu, seperti ketika memberikan asuransi, kami dapat mengumpulkan informasi spesifik/sensitif tentang kesehatan dan riwayat kesehatan Anda tergantung pada jenis layanan yang diberikan;
  • Informasi keuangan, perbankan dan pembayaran, misalnya, ketika Anda membeli produk atau layanan tertentu melalui situs web kami, kami dapat mengumpulkan rincian kartu kredit atau debit Anda;
  • Pendapat pribadi yang Anda ungkapkan kepada kami, misalnya, melalui survei atau tanggapan umpan balik;
  • Riwayat penjelajahan, pola, atau informasi unik lainnya (yang mencakup informasi yang dikumpulkan oleh cookies di situs web kami, seperti halaman yang Anda klik dan lihat, lokasi Anda, jenis perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses situs web kami, informasi yang mungkin Anda masukkan dan kirimkan kepada kami melalui situs web kami, dan berapa kali Anda mengunjungi situs web kami);
  • Alamat protokol internet Anda dan informasi yang terkait dengan alamat tersebut;
  • Catatan kontak Anda dengan kami seperti melalui nomor telepon pusat layanan pelanggan kami dan, jika Anda menghubungi kami secara online menggunakan layanan online kami atau melalui aplikasi ponsel pintar kami, rincian seperti data lokasi ponsel Anda, alamat IP dan MAC alamat;
  • Produk dan layanan yang Anda miliki bersama kami, serta produk dan layanan yang Anda minati dan miliki serta metode pembayaran terkait yang digunakan;
  • Penggunaan produk dan layanan kami, klaim apa pun, dan apakah klaim tersebut dibayar atau tidak (dan detail terkait hal ini);
  • Analisis data terkait pemasaran yang diberikan kepada Anda, termasuk riwayat komunikasi dan apakah Anda membukanya atau mengeklik tautan;
  • Informasi yang kami peroleh dari pihak ketiga, termasuk informasi mengenai risiko asuransi, harga, riwayat klaim, dugaan penipuan, dan riwayat penggunaan;
  • Informasi pribadi yang kami peroleh dari Badan Referensi Kredit dan Badan Pencegahan Penipuan, termasuk riwayat kredit publik (misalnya, gagal bayar) dan bersama, situasi keuangan, dan riwayat keuangan;
  • Informasi penipuan, utang, dan pencurian, termasuk rincian uang terhutang Anda, dugaan kejadian penipuan atau pencurian, dan rincian perangkat apa pun yang digunakan untuk penipuan;
  • Informasi catatan kriminal, termasuk dugaan pelanggaran;
  • Informasi tentang properti Anda, seperti lokasi, nilai, jumlah kamar, tipe properti, dan pekerjaan bangunan yang telah Anda lakukan (jika relevan dengan produk atau layanan);
  • Rincian keuangan tentang Anda, seperti gaji Anda dan rincian pendapatan lainnya, rincian tabungan Anda, rincian pengeluaran Anda, dan metode pembayaran;
  • Informasi tentang status pekerjaan Anda (jika relevan dengan produk atau layanan);
  • Informasi tentang status penghuni properti Anda, seperti apakah Anda adalah penyewa, tinggal bersama orang tua, atau pemilik yang menempati properti tempat Anda tinggal pada saat mengajukan permohonan;
  • Informasi yang kami beli atau sewa dari pihak ketiga, termasuk informasi demografis, rincian keuangan yang beredar, daftar pemasaran, informasi yang tersedia untuk umum, dan informasi untuk membantu meningkatkan relevansi produk dan layanan kami;
  • Wawasan tentang Anda dan pelanggan kami yang diperoleh dari analisis atau pembuatan profil pelanggan;
  • Transaksi pihak ketiga; seperti ketika orang lain selain pemegang akun menggunakan layanan, informasi tentang orang tersebut dan transaksinya;
  • Informasi Pribadi lainnya yang diperlukan secara wajar agar kami dapat menyediakan produk atau layanan yang Anda minta;
  • Informasi Pribadi lainnya yang diizinkan oleh atau diwajibkan untuk mematuhi undang-undang, aturan, undang-undang, peraturan lokal atau asing yang berlaku, pemberitahuan, surat edaran, arahan, pedoman, kode, panduan dan/atau keputusan pemerintah atau otoritas pengatur nasional, negara bagian, atau lokal mana pun, atau otoritas lainnya baik di Indonesia atau di negara lainnya, baik yang mempunyai kekuatan hukum atau tidak, sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu (“Hukum yang Berlaku”); dan/atau
  • Sepanjang waktu, kami hanya mengumpulkan Informasi Pribadi berdasarkan “perlu diketahui” dan untuk Tujuan Pemrosesan menyediakan produk dan layanan kami kepada Anda.

Untuk Tujuan Pemrosesan tertentu, Allianz Indonesia dapat mengungkapkan dan/atau melakukan transfer Data Pribadi Anda kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan dianggap perlu, seperti:

  • Ahli medis, ahli independen, dan/atau pihak ketiga lainnya (termasuk mereka yang memberikan perawatan, pelayanan kesehatan dan/atau layanan lainnya kepada Anda);
  • Setiap perusahaan (termasuk perusahaan penyedia layanan, perusahaan asuransi dan perusahaan reasuransi), mitra, orang atau pihak ketiga yang ditunjuk dan/atau bekerja sama dengan Allianz Indonesia;
  • Perusahaan induk Allianz Indonesia (Grup Allianz), afiliasi, anak perusahaan, agen dan perwakilannya dan/atau usaha patungan; dan/atau
  • Otoritas, asosiasi asuransi dan/atau badan pemerintah (regulator).

Kami menerapkan langkah-langkah keamanan berikut untuk melindungi data pribadi Anda selama transfer:

  • Penggunaan enkripsi untuk melindungi data selama transit;
  • Kebijakan keamanan data yang ketat; dan
  • Langkah-langkah keamanan lain yang dianggap perlu.
Dalam rangka dan/atau untuk setiap Tujuan Pemrosesan, kami dapat mentransfer, menyimpan, memproses dan/atau menangani Data Pribadi Anda di luar wilayah Republik Indonesia. Dalam melakukan hal ini, kami akan mematuhi semua peraturan yang berlaku, khususnya UU PDP dan Peraturan-Peraturan terkait Pelindungan Data Pribadi. 

Kami dapat mengungkapkan dan membagikan Informasi Pribadi Anda kepada pihak-pihak berikut untuk melaksanakan Tujuan Pemrosesan atau tujuan apa pun, apabila diperlukan:

  • Pemberi kerja, kontraktor, dan agen Allianz serta anggota Grup Allianz lainnya, yang mungkin diberikan akses terhadap Informasi Pribadi apa pun yang kami kumpulkan, namun penggunaannya terbatas pada pelaksanaan tugas mereka sehubungan dengan produk atau layanan yang kami sediakan;
  • Setiap penyedia layanan, agen, kontraktor, delegasi, pemasok atau pihak ketiga (atau subkontraktor yang disebutkan di atas) yang mungkin kami tunjuk dari waktu ke waktu untuk memberi kami layanan atau layanan yang kami tawarkan kepada Anda, dan direktur, pejabat, Pegawai mereka, Perwakilan, agen atau delegasi;
  • Mitra bisnis (termasuk perusahaan reasuransi, pialang, dan mitra bank), rekanan, dan penyedia layanan pihak ketiga bila diperlukan secara wajar, dan atas dasar “yang perlu diketahui”;
  • Penasihat profesional, konsultan, dan auditor kami serta siapa pun yang kami yakini dengan itikad baik untuk menjadi penasihat hukum Anda atau profesional lainnya;
  • Setiap orang yang mengambil alih atau dapat mengambil alih seluruh atau sebagian hak atau kewajiban kami berdasarkan Pemberitahuan Privasi ini atau kepada siapa pun Perjanjian ini (atau bagian mana pun) dialihkan atau dapat dialihkan kepadanya;
  • Kepada entitas lain dalam hal Allianz dimaksudkan untuk diakuisisi atau digabungkan dengan, atau diakuisisi oleh atau digabungkan dengan entitas lain tersebut;
  • Dalam hal polis asuransi kendaraan bermotor, kepada pihak lain apabila terjadi klaim kecelakaan di mana Anda tidak bertukar informasi dengan pihak lain tersebut. Informasi tersebut mungkin mencakup alamat dan nama Anda atau pengemudi Anda;
  • Otoritas pemerintah atau regulator mana pun yang relevan berdasarkan permintaan otoritas pemerintah atau regulator terkait, atau siapa pun yang kepadanya kami, dengan keyakinan dan itikad baik, berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sebagaimana diwajibkan oleh Hukum yang Berlaku; dan
  • Pihak-pihak yang membantu kami dalam melaksanakan Tujuan Pemrosesan yang ditetapkan di atas dalam Kebijakan Privasi ini.

Selain dari apa yang diwajibkan atau diizinkan oleh hukum atau sesuai dengan perintah pengadilan atau sebagaimana diatur dalam Pemberitahuan Privasi Allianz Indonesia ini, kami tidak akan mengungkapkan, membagikan, menyewakan, menjual atau memperdagangkan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga mana pun tanpa izin atau pemberitahuan kepada Anda. Apabila dibutuhkan untuk Tujuan Pemrosesan dan kami telah mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga, kami akan mewajibkan pihak-pihak tersebut untuk melindungi Data Pribadi Anda dengan cara yang sesuai dengan Pemberitahuan Privasi Allianz Indonesia ini. Pihak ketiga tersebut tidak diperbolehkan menggunakan atau memproses Data Pribadi untuk tujuan lain apa pun kecuali sebagaimana diizinkan oleh kami.

Dalam hal terjadi kegagalan pelindungan data pribadi  termasuk kegagalan menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan Data Pribadi, termasuk pelanggaran keamanan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, yang mengarah pada perusakan, kehilangan, perubahan, pengungkapan, atau akses yang tidak sah terhadap Data Pribadi yang dikirim, disimpan, atau diproses, kami akan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis dalam waktu 3x24  (tiga kali dua puluh empat jam) setelah terjadi kejadian atau jangka waktu lain yang ditentukan oleh Peraturan-Peraturan terkait yang berlaku kepada Anda dan lembaga terkait. Yang memuat:

  • Data Pribadi yang terungkap;
  • Kapan dan bagaimana Data Pribadi terungkap; dan
  • Upaya penanganan dan pemulihan atas terungkapnya Data Pribadi oleh Pengendali Data Pribadi.
  • Allianz Indonesia menyimpan Data Pribadi Anda sebagai Subjek Data Pribadi dalam rangka pelaksanaan Tujuan Pemrosesan.
  • Allianz Indonesia dapat menyimpan Data Pribadi Anda sebagai Subjek Data Pribadi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan retensi data pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Subjek Data Pribadi memiliki hak terhadap Data Pribadi masing-masing (untuk selanjutnya disebut “Hak Subjek Data”) sesuai dengan UU PDP dan kebijakan yang kami tetapkan dari waktu ke waktu dengan memerhatikan juga dari dasar hukum dan pemrosesan Data Pribadi. Dalam hal ini, Subjek Data Pribadi berhak untuk mendapatkan informasi terkait kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan & penggunaan Data Pribadi, dan akuntabilitas pihak yang meminta data pribadi dalam pemrosesan Data Pribadi, melengkapi, memperbarui dan memperbaiki Data Pribadinya, memperoleh akses dan salinan Data Pribadinya, mengakhiri pemrosesan, menghapus dan memusnahkan Data Pribadinya, menarik kembali persetujuan, mengajukan keberatan atas penggunaan pengambilan keputusan yang hanya berdasarkan pada pemrosesan secara otomatis (termasuk pemrofilan), menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi dan mengirim Data Pribadi ke Pengendali Data Pribadi lainnya. 
Allianz Indonesia, apabila diperlukan, dapat memproses Data Pribadi yang dilakukan berdasarkan pengambilan keputusan yang bersifat otomatis (automated decision making). Namun demikian, Subjek Data Pribadi dapat mengajukan keberatan mengenai tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada proses otomatis tersebut. 

Situs kami menggunakan cookies untuk membedakan Anda dari pengguna lain di Situs kami. Melacak dan mengumpulkan data tentang pengalaman dan perjalanan pengguna Anda memungkinkan kami untuk lebih memahami, mengelola, dan meningkatkan kegunaan situs web kami. Hal ini membantu kami memberikan Anda pengalaman yang baik saat Anda menggunakan Situs. Cookies adalah file kecil berisi huruf dan angka yang kami simpan di browser Anda atau hard drive komputer Anda. Cookies berisi informasi yang disimpan di hard drive komputer Anda. Untuk mengaktifkan cookies silakan klik “terima cookies” atau masuk ke “pengaturan cookies”. Kapan saja, Anda memiliki kemampuan untuk menerima atau menolak cookies dengan mengubah pengaturan di browser Anda. Kemampuan spesifik browser Anda dan petunjuk tentang cara menggunakannya biasanya dapat ditemukan di manual atau file bantuan browser Anda.

Kami menggunakan jenis-jenis cookies sebagai berikut:

1. Strictly necessary cookiess (Cookies yang sangat diperlukan)

Ini adalah cookies yang diperlukan untuk pengoperasian Situs kami. Ini termasuk, misalnya, cookies yang memungkinkan Anda masuk ke Situs kami yang aman;

2. Analytical/Performance cookies (Cookies analitis/kinerja)

Hal ini memungkinkan kami mengenali dan menghitung jumlah pengunjung Situs kami dan melihat bagaimana pengunjung bergerak di sekitar Situs kami saat mereka menggunakannya. Hal ini membantu kami meningkatkan cara kerja Situs kami, misalnya dengan memastikan bahwa pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan mudah; Dan

3. Functionality cookiess (Cookies fungsionalitas)

Cookies ini digunakan untuk mengenali Anda ketika Anda kembali ke Situs kami. Hal ini memungkinkan kami mempersonalisasi konten kami untuk Anda, menyapa Anda dengan nama dan mengingat preferensi Anda (misalnya, pilihan bahasa atau wilayah).

 

Harap dicatat bahwa situs web kami juga menggunakan layanan analisis web yang disediakan oleh Adobe (Adobe Analytics). Layanan ini menggunakan “cookies”, yaitu file teks yang ditempatkan di komputer Anda, untuk membantu pemilik situs web menganalisis cara pengguna menelusuri situs. Informasi yang dihasilkan oleh cookies Adobe Analytics tentang penggunaan Anda terhadap situs web kami akan dikirimkan ke dan disimpan oleh Adobe (server yang berlokasi di Uni Eropa). Adobe akan menggunakan informasi ini atas nama operator situs web ini untuk tujuan mengevaluasi penggunaan Anda terhadap situs web, menyusun laporan aktivitas situs web untuk operator situs web, dan memberi mereka layanan lain yang berkaitan dengan aktivitas situs web dan penggunaan internet. Alamat IP, yang disampaikan Browser Anda dalam lingkup layanan analisis web, tidak akan dikaitkan dengan data lain apa pun yang disimpan oleh Adobe.

Dengan terus menggunakan Situs, Anda menerima penggunaan cookies sebagaimana diuraikan di atas.

Jika Anda telah memberikan kepada kami persetujuan yang sah secara eksplisit untuk menggunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan pemasaran, kami akan menggunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan pemasaran dan promosi, termasuk namun tidak terbatas pada mengadakan undian berhadiah, atau informasi lain yang mungkin Anda minati, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan kami serta menghasilkan bisnis.

Jika Anda meminta untuk tidak menerima materi pemasaran atau komunikasi dari kami, atau komunikasi lainnya untuk tujuan promosi, kami tidak akan mengirimkannya kepada Anda. Anda berhak mengubah persetujuan Anda terhadap preferensi pemasaran kapan saja. Terkait dengan persetujuan pemasaran, Anda dapat menghubungi kami di:

Allianz Care

Allianz Care untuk Allianz Life dan Allianz Utama

Allianz Care untuk Allianz Syariah

  • Tel: 1500 139
  • Email Allianz Syariah: allianzcaresyariah@allianz.co.id

Perubahan persetujuan Anda tidak akan mempengaruhi penyediaan produk dan layanan yang Anda minta dari kami.

Kami berhak mengubah, memodifikasi, atau memperbaharui Pemberitahuan Privasi Allianz Indonesia ini kapan saja. Kami akan menginformasikan perubahan, modifikasi atau pembaharuan tersebut kepada Anda dengan cara menampilkan perubahan, modifikasi atau pembaharuan tersebut  di situs web kami sehingga Anda dapat selalu mengetahui mengenai Data Pribadi apa yang kami kumpulkan, bagaimana kami menggunakannya, dan dalam keadaan apa kami mengungkapkannya. Kami juga mendorong Anda untuk meninjau Pemberitahuan Privasi Allianz Indonesia secara berkala untuk mengetahui bagaimana Data Pribadi Anda dilindungi.

Dengan adanya Pemberitahuan Privasi yang baru, maka Pemberitahuan Privasi yang merupakan versi sebelumnya, dinyatakan tidak berlaku. Pemberitahuan Privasi yang berlaku adalah yang terbaru yang ditampilkan di situs ini.

Situs Web mungkin berisi tautan ke situs web lain. Allianz Indonesia tidak bertanggung jawab atas praktik privasi atau konten situs web tersebut. Kami mendorong Anda untuk membaca pernyataan privasi pada situs tersebut masing-masing dikarenakan kebijakan privasi mereka berbeda dengan kebijakan privasi Allianz Indonesia.

Apabila terdapat pertanyaan, keluhan atau ingin menghubungi seputar Kebijakan Privasi ini, Anda dapat mengirimkan email ke alamat privacy@allianz.co.id.  Atau menghubungi ke:

Allianz Care

Allianz Care untuk Allianz Life dan Allianz Utama

  • Tel: 1500 136
  • Email Allianz Life : contactus@allianz.co.id
  • Email Allianz Utama: cs@allianz.co.id
  • Fax Allianz Utama: +6221-2926 9090

Allianz Care untuk Allianz Syariah

  • Tel: 1500 139
  • Email Allianz Syariah: allianzcaresyariah@allianz.co.id

Direktori Pemberitahuan Privasi

V.1.0 – 07/15/2024