Sebagai perusahaan multinasional yang telah berdiri di Indonesia selama 39 tahun, tidak mudah bagi perusahaan untuk mampu bersaing secara sehat dalam menghadapi berbagai tantangan baru dengan kompetitor. Perkembangan zaman yang semakin maju juga turut membuat perusahaan bertanggung jawab dalam menciptakan dan memberikan inovasi dan inisiatif sebagai upaya perusahaan menghadapi tantangan tersebut di tengah masyarakat luas.
Transformasi digital merupakan salah satu faktor yang berperan cukup penting dalam keberhasilan perusahaan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Bain & Company tahun 2018 terhadap 174.000 nasabah asuransi di 18 negara, termasuk 3.000 nasabah di Indonesia, ditemukan bahwa terdapat ketidaksiapan industri asuransi di Indonesia dalam menghadapi milennials dengan gaya hidup digital aktif. Untuk itu, industri asuransi dituntut untuk mengikuti perkembangan saat ini dengan menyesuaikan kebutuhan nasabah milennials yang serba cepat dan instan melalui proses yang mudah.
Berdasarkan survei tersebut, sebagai upaya untuk mengoptimalkan pertumbuhan pasar yang saat ini telah terjadi perubahan pada target pasar yakni, generasi milennials, Allianz Indonesia menyesuaikan hal tersebut dengan fokus rekrutmen karyawan ke generasi milennials yang berkeinginan membangun kemampuan entrepreneruship dalam bidang jasa keuangan asuransi.
Salah satu yang berperan terkait tanggung jawab tersebut adalah Human Recruitment. Seorang Human Recruitment berperan aktif dalam menentukan siapa dan bagaimana sumber daya manusia yang mampu membantu dan mendukung perusahaan meraih berbagai objektifitas secara optimal. Untuk mampu bersaing di tengah masyarakat, sumber daya manusia pada perusahaan adalah salah satu faktor penting untuk menunjang pencapaian dan produktivitas perusahaan. Di tengah kondisi saat ini, berbagai inovasi, kinerja, kemampuan serta ide-ide yang dimiliki oleh sumber daya manusia adalah kunci utama dalam menghadapi tantangan baru.
Allianz Indonesia berkomitmen untuk selalu menyediakan dan memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah di tengah kondisi bisnis yang kian berubah melalui berbagai strategi pengembangan karyawan yang dapat mengoptimalkan pencapaian perusahaan lebih tinggi. Terdapat berbagai program pilihan yang dirancang oleh Allianz sebagai upaya menarik calon talenta untuk bergabung bersama Allianz, salah satunya adalah Allianz Indonesia Masterclass Program, yakni kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi pilihan yang menawarkan kepada top 10 students dari perguruan tinggi tersebut untuk bergabung dengan program Allianz selama tiga hari. Terdapat program lainnya yang bertujuan untuk merekrut talenta pilihan berkualitas seperti Community Meet-Up Program, Employee Get Employee Program dan Allianz Internship Program.
Komitmen Allianz tersebut membawa Allianz meraih penghargaan dalam acara Digital Awarding HR Excellence Award & Future Leader Award 2020 yang bertemakan “Transformasi HR Untuk Mendukung Transformasi Korporat”. Dalam digital awarding yang diselenggarakan oleh SWA dan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Allianz Life Indonesia meraih penghargaan HR Excellence Award 2020 dengan kategori Recruitment Strategy melalui Youtube Live Streaming (11/6).