Jakarta, 3 April 2023 – Unit Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia (“Allianz Syariah”) kembali menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan asuransi syariah di Indonesia, sekaligus membantu pemberdayaan ekonomi keluarga dan masyarakat Indonesia melalui peluncuran Leads Generation Program AZ Force bersamaan dengan produk asuransi jiwa tradisional syariah yang terjangkau, yaitu AlliSya HANDAL.
Peluncuran ini diilhami oleh semangat Allianz Syariah untuk memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat dan ekonomi Indonesia. Allianz Syariah melihat kesempatan kontribusi ini mengingat jumlah populasi muslim di Indonesia sangat besar yakni mencapai 237 juta jiwa, atau sekitar 86% dari total populasi (Kemendagri, Des 2022). Di sisi lain, menurut data OJK, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia pada tahun 2021 baru mencapai 3,18%. Sedangkan untuk penetrasi asuransi syariah sendiri pada 2021 hanya sebesar 0,14% (Milliman, 2022).
Kombinasi antara Lead Generation Program, AZ Force, dan produk yang mudah dipahami serta terjangkau Allisya Handal, akan membantu membongkar mitos bahwa produk asuransi dianggap terlalu rumit atau mahal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini akan mendorong asuransi untuk mempenetrasi di luar masyarakat kelas menengah atas yang selama ini lebih teredukasi mengenai produk asuransi, padahal jumlah masyarakat yang memerlukan proteksi sangatlah besar, yakni sekitar 214 juta orang (World Bank Data, 2020).