Allianz Kembali Dinobatkan Sebagai Brand Asuransi Terbaik di Dunia versi Interbrand's Best Global Brands Ranking

 

Setelah berhasil selama empat tahun berturut-turut, Allianz tahun ini kembali dinobatkan sebagai brand asuransi peringkat pertama di dunia versi Interbrand Best Global Brands Rangking 2022. 

23 November 2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 23 November 2022 – Setelah berhasil selama empat tahun berturut-turut, Allianz tahun ini kembali dinobatkan sebagai brand asuransi peringkat pertama di dunia versi Interbrand Best Global Brands Rangking 2022. Dari 100 global brands teratas, Allianz masuk dalam 15 brand yang memiliki pertumbuhan terpesat, dengan pencapaian kenaikan valuasi brand sebesar 23% dari periode sebelumnya sehingga saat ini menjadi 18,7 miliar USD.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT Asuransi Allianz Life Indonesia, David Nolan menyampaikan bahwa keberhasilan ini merupakan bentuk kepercayaan nasabah dan seluruh stakeholder yang menjadikan Allianz sebagai bagian penting dari kehidupan mereka.

“Pencapaian ini juga merupakan kerja keras dari 150.000 karyawan dan 120.000 agen Allianz di seluruh dunia yang terus berkomitmen untuk menjalankan misi Allianz yaitu memberikan perlindungan kepada  nasabah, melalui proteksi serta pelayanan terbaik,” tambah David Nolan.

Berdasarkan informasi dari Interbrand, penilaian peringkat Allianz didasari oleh beberapa aspek seperti kinerja keuangan dari produk dan layanan, kekuatan brand untuk menentukan keputusan pembelian, kekuatan brand yang kompetitif untuk menciptakan loyalty yang akhirnya menciptakan kebutuhan yang berkesinambungan. Tahun ini, Allianz kembali berada pada urutan ke-34 dari 100 global brands teratas, dimana menjadikan Allianz, Brand Asuransi terbaik di dunia versi Interbrand’s Best Global Brands Ranking. 

Untuk meningkatkan  kekuatan brandnya, Allianz global secara konsisten menjaga koherensi, afinitas, dan ciri khasnya sebagai brand asuransi global dengan jaringan yang luas. Pendekatan “OneAllianz” juga membantu menyatukan keberadaan Allianz dalam satu logo, satu pesan dan satu kampanye. Selain itu, Allianz juga meningkatkan pengalaman nasabah secara global melalui Voice of Customer dalam rangka melakukan perbaikan dan pemenuhan kebutuhan nasabah.

Kemitraan Allianz di seluruh dunia dalam rangka mendukung kegiatan Olimpiade dan Paralimpiade, serta Formula E, merupakan bentuk komitmen dan pada saat yang sama juga meningkatkan identitas Allianz sebagai perusahaan asuransi global yang mendukung ekosistem olahraga dunia serta program sustainability. 

Allianz Indonesia turut serta memberikan kontribusi dengan menghadirkan berbagai bentuk produk inovatif serta inisiatif yang memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Allianz Indonesia baru saja meluncurkan produk UMKM Smarthealth Enterprise serta hadir memberikan perlindungan bagi belasan ribu peserta Jakarta Marathon 2022. Atas usaha tersebut, Allianz Indonesia dinobatkan menjadi asuransi yang paling direkomendasikan masyarakat Indonesia seperti dilaporkan pada YouGov Recommend Rankings 2022. 

“Dalam kesempatan ini, kami sampaikan apresiasi tertinggi kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, dan nasabah yang senantiasa setia memberikan dukungan lewat kepercayaannya kepada Allianz Indonesia hingga saat ini. Allianz Indonesia akan terus berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia guna menyambut kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang,” tutur David Nolan.

Sebagai tambahan informasi, Interbrand mempelopori konsep penilaian merek sejak tahun 1988. Interbrand sendiri merupakan perusahaan pertama yang metodologinya disertifikasi sebagai ISO 10668 (persyaratan untuk penilaian merek moneter) dan memainkan peranan penting dalam pengembangan standar itu sendiri. Sejak tahun 2000, peringkat dan laporan Merek Global Terbaik telah diterbitkan setiap tahun dan menjadi salah satu peringkat yang paling diakui dalam manajemen merek di dunia. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Interbrand’s Best Global Brand’s Ranking dapat mengunjungi laman https://interbrand.com/best-global-brands/. 

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.