HSBC Omni Collect Memperluas Pilihan Solusi Pembayaran bagi Nasabah Allianz Indonesia 

 

HSBC Omni Collect memberikan solusi satu pintu untuk koleksi pembayaran, memperluas opsi pembayaran yang meliputi salah satunya mini market terbesar di Indonesia.

3 Februari 2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 3 Februari 2022 – Dengan menggunakan API, HSBC berhasil mengintegrasikan solusi pembayaran terdepannya, HSBC Omni Collect, dengan solusi pembayaran premi asuransi yang memungkinkan Allianz Life Indonesia untuk memperluas kanal koleksi pembayaran hingga meliputi salah satu jaringan mini market terbesar di Indonesia dan meningkatkan efisiensi.

Integrasi solusi pembayaran ini, yang juga menggunakan teknologi dari pemimpin payment gateway lokal, DOKU, mengotomasi proses koleksi premi Allianz Life Indonesia dan memungkinkan nasabah Allianz Life Indonesia untuk melakukan pembayaran premi asuransi, yang meliputi pembayaran premi pertama, reguler, pengaktifan kembali serta top-up di lebih dari 17.000 outlet Alfamart, Alfamidi, Lawson dan Dan+Dan di seluruh Indonesia, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Allianz Life Indonesia. 

Foto acara

Riko Tasmaya, Managing Director Global Banking, PT Bank HSBC Indonesia mengatakan, “HSBC berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi yang dapat membantu perusahaan dalam memberikan pengalaman pembayaran yang mudah bagi pelanggan mereka. Sebagai bank internasional pertama yang memberikan solusi koleksi pembayaran ini di Asia, kami tetap berfokus untuk mendukung nasabah kami untuk mengadopsi solusi pembayaran digital.”

HSBC Omni Collect saat ini tersedia di sepuluh negara di Asia Pasifik, antara lain Australia, Tiongkok, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dimana masing-masing negara memiliki kemampuan yang berbeda.

Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia mengatakan, “Allianz selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah, termasuk dalam layanan pembayaran premi, yang sangat penting guna memastikan polis asuransi mereka selalu aktif. Melalui kolaborasi ini, Allianz dapat memberikan opsi yang lebih mudah dan nyaman untuk layanan pembayaran premi bagi nasabah kami di seluruh Indonesia. Ini adalah bagian dari streamlining dan digitalisasi proses yang terus menerus Allianz lakukan sehingga nasabah akan memiliki pengalaman yang sangat positif bersama Allianz.”  

HSBC Omni Collect memungkinkan perusahaan untuk melihat secara menyuluruh koleksi pembayaran dari berbagai metode antara lain transfer bank, kartu kredit dan transaksi e-wallet. Solusi ini juga akan mengurangi administrasi manual, meningkatkan working capital bagi pelanggan korporasi, serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan mereka. 

Herani Hermawan, Head of Global Liquidity Cash Management, PT. Bank HSBC Indonesia menambahkan, “Di Indonesia, kami sangat menyambut baik kemitraan dengan DOKU untuk memperkuat proses koleksi pembayaran digital di Allianz. Jaringan Alfa Group yang melayani lebih dari tiga juta konsumen per hari, memungkinkan Allianz untuk menyesuaikan layanan pembayaran premi dengan pola belanja pelanggan mereka, dan memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam pembayaran premi asuransi.”  

DOKU Co-Founder and Chief Operating Officer, Nabilah Alsagoff menjelaskan, “Sebagai perusahaan teknologi pembayaran, misi kami adalah untuk selalu memperluas akses bagi konsumen di Indonesia dalam melakukan transaksi pembayaran online. Kolaborasi kami dengan HSBC yang memungkinkan pembayaran premi di jaringan Alfa Group di seluruh Indonesia tentunya akan dapat meningkatkan kenyamanan layanan pembayaran bagi pelanggan Allianz di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di pinggiran kota.”

Di tahun 2021, lebih dari 3.000 nasabah korporasi HSBC telah menggunakan HSBC Omni Collect untuk menerima lebih dari 17 juta pembayaran melalui e-commerce dan digital, dengan nilai koleksi sebesar USD 1,5 milyar.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.