Jakarta, 15 April 2021 – Allianz Life Indonesia menunjukkan komitmennya untuk memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan mengembangkan bisnis dan memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia. Sebagai perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan terdepan, Allianz Life Indonesia senantiasa tetap relevan dalam menyediakan kebutuhan perlindungan dari berbagai segmen nasabah. Oleh karena itu, Allianz Life Indonesia memastikan setiap kanal distribusi, termasuk digital, dapat menyediakan solusi perlindungan asuransi yang dapat memenuhi kebutuhan setiap segmen.
Dalam kesempatan kali ini, Allianz Life Indonesia berpartisipasi pada acara Webinar Insurtech yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi dan mengangkat tema “Menggenjot Tingkat Penetrasi Asuransi Indonesia Lewat Insurtech”. Hadir sebagai pembicara dari Allianz Life Indonesia, Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia dan Bianto Surodjo, Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia, bersama para pembicara lain dari OJK, AAJI, AAUI dan pelaku industri insurtech di Indonesia.
Di tahun 2020, terjadinya pandemi Covid-19 ternyata dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan pentingnya memiliki perlindungan asuransi. Namun, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia baru menyentuh angka 3% jika dibandingkan dengan GDP. Allianz Life Indonesia melihat hal ini sebagai peluang yang baik, sehingga perusahaan terus fokus dalam menyediakan berbagai akses solusi dan pelayanan perlindungan asuransi, memberikan literasi keuangan secara berkesinambungan kepada masyarakat luas, serta menyediakan pilihan produk untuk berbagai segmen masyarakat Indonesia.
Dengan digitalisasi yang terus dilakukan untuk mendukung pertumbuhan bisnis, berdasarkan laporan AAJI 2020 Allianz Life Indonesia berhasil membukukan bisnis baru yang diukur dari Annualized Premium Equivalent (APE) sebesar Rp 3,9 Triliun, atau tumbuh 12% dibandingkan tahun sebelumnya. Pencapaian ini menjadikan Allianz Life Indonesia perusahaan peringkat pertama yang membukukan APE tertinggi dalam tahun 2020 yang lalu.
“Allianz Life Indonesia melihat perkembangan teknologi sebagai sebuah peluang untuk memberikan produk dan layanan lebih baik, juga untuk membentuk kanal distribusi dengan mitra digital strategis sehingga dapat memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia. Kolaborasi dengan mitra digital juga sangat penting untuk menyediakan layanan keuangan dan akses asuransi bagi segmen masyarakat yang belum tersentuh. Mengingat rendahnya penetrasi asuransi dibandingkan dengan kondisi demografi dan luas wilayah Indonesia, kami percaya penggunaan teknologi akan membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan akses asuransi dengan lebih mudah,” kata Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.