Allianz Indonesia Selenggarakan Program Peduli Nakes Berupa Layanan Konseling Daring Gratis

 

Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan PION Clinician menyelenggarakan Program Peduli Nakes sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan mental tenaga kesehatan dan keluarganya agar dapat membantu meringankan beban psikologis mereka selama pandemi berlangsung.

12 Agustus 2021 | Allianz Indonesia

Jakarta 12 Agustus 2021 – Pada bulan Februari lalu, Satgas Penanganan COVID-19 memaparkan laporan penelitian yang dilakukan secara global, bahwa 95% tenaga kesehatan (nakes) mengalami kecemasan takut tertular COVID-19. Beberapa penelitian di luar negeri, yaitu di Tiongkok (Maret 2020) & Amerika (September 2020) menunjukkan sebagian besar nakes mengalami stress, menunjukkan gejala depresi, mengalami kecemasan, dan insomnia. Padahal, resiliensi para nakes menjadi sangat penting dalam menangani kasus COVID-19 yang saat ini sedang meningkat di Indonesia.

Menanggapi hal ini Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan PION Clinician menyelenggarakan Program Peduli Nakes berupa rangkaian kegiatan yang dapat menunjang kesehatan mental, untuk para tenaga kesehatan yang berada di garda depan penanganan COVID-19, serta keluarga mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban psikologis para nakes yang mulai merasakan kecemasan dan kelelahan selama pandemi ini berlangsung.

“Pandemi ini telah benar-benar mengubah kehidupan kita. Ada yang kehilangan teman atau sanak saudara, harus melakukan isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit akibat terpapar COVID-19, serta kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Perubahan ini memicu menurunnya kesehatan mental, terutama di kalangan tenaga kesehatan yang menjadi garda depan penanganan pandemi. Kami berharap dengan adanya program ini, nakes dan keluarganya bisa mendapatkan dukungan penguatan psikologis sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” ujar Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Program Peduli Nakes ini terdiri dari tiga kegiatan, yang pertama yaitu Layanan Konseling Daring dengan metode telekonseling bagi nakes dan keluarga dengan sesi 60 menit per orang dengan jadwal yang dibuka setiap harinya pukul 09.00 s.d. 21.00. Selain itu ada pula kegiatan Webinar: Relaksasi untuk Nakes, di mana para nakes dapat mengikuti sesi edukasi memahami pentingnya relaksasi serta teknik-teknik relaksasi bersama para dokter professional. Terakhir adalah Layanan via Youtube dan Podcast untuk membantu para nakes dan keluarga memahami masalah-masalah psikologis yang dapat diakses kapan saja dengan waktu yang lebih fleksibel.

Selain menginisiasi Program Peduli Nakes, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli juga memberikan donasi berupa paket pemulasaraan jenazah, seperti hazmat, handschoen, kaca mata (goggle), sepatu bot, apron plastik, kain kaffan, kantong jenazah, plastic wrap, dan lain-lain, kepada Puskesmas Setiabudi, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Juli 2021 lalu, di mana pada saat itu kasus COVID-19 di Jakarta meningkat tajam, sehingga dalam satu hari bisa melakukan dua sampai tiga kegiatan pemulasaraan jenazah.

“Selain dapat membantu meringankan beban mental teman-teman nakes beserta keluarga, kami berharap seluruh program dan kegiatan yang kami inisiasi dalam setahun terakhir pandemi ini dapat memberikan manfaat serta kontribusi yang besar bagi masyarakat Indonesia. Lebih lanjut, kami tidak berhenti sampai di sini, karena kami akan terus menjajaki kemungkinan kerja sama dengan berbagai pihak untuk terus membantu penanganan pandemi,” tutup Ni Made Daryanti.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.