Jakarta, 8 Oktober 2019 – Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, infrastruktur Internet dan telekomunikasi yang meningkat dengan pesat di Indonesia, jumlah pengguna gadget di Indonesia juga terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset digital marketing eMarketer, pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia adalah lebih dari 100 juta orang. Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.
Penggunaan gadget saat ini sudah menjadi kebutuhan utama dan bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya millennial. Gadget tidak hanya digunakan untuk kebutuhan berkomunikasi sehari-hari untuk keperluan pribadi, keluarga dan pekerjaan, tetapi juga untuk pengembangan ekonomi digital e-commerce maupun akses berita dan informasi melalui media online dan media sosial. Menurut survey APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) 2017, pengguna Internet usia millennial di Indonesia adalah sebanyak 49,52% dari populasi.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat juga menyebabkan cepatnya perputaran model-model gadget tersebut dan seringkali dipatok dalam harga yang cukup mahal, sehingga banyak masyarakat Indonesia yang memilih melakukan pembelian dengan cara cicilan tanpa kartu kredit untuk mendapatkan gadget terbaru yang dibutuhkan atau yang diinginkannya.
Seiring dengan meningkatnya kepentingan untuk menggunakan gadget, kesadaran akan perlindungan terhadap gadget dari berbagai macam risiko juga turut bertambah. Akan tetapi, garansi yang diberikan produsen biasanya hanya melindungi gadget dari kerusakan akibat cacat produksi.
Berangkat dari kondisi ini, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia meresmikan kerja sama dengan PT Home Credit Indonesia untuk menjawab kebutuhan para pengguna gadget tersebut. Home Credit Indonesia berkolaborasi dengan Allianz Utama Indonesia untuk menyediakan produk proteksi gadget yaitu EASYCOVER dan MAXCOVER. Kedua produk ini memungkinkan para pengguna untuk melindungi smartphone, tablet, maupun laptop, yang dibeli menggunakan layanan pembiayaan dari Home Credit Indonesia.
“Kerja sama Allianz Utama Indonesia dengan Home Credit Indonesia adalah salah satu inovasi dan perwujudan dari strategi kami dalam menggarap segmen bisnis ritel untuk memperluas jangkauan perlindungan asuransi serta komitmen perusahaan untuk menyediakan produk yang komprehensif serta memberikan ketenangan pikiran.” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.