Jakarta, 2 Agustus 2019 – Sejumlah penghargaan terus dikumpulkan oleh Allianz Indonesia memasuki paruh waktu kuartal kedua dan ketiga tahun 2019, sejalan dengan fokus perusahaan untuk meningkatkan layanan dan produk yang berkualitas untuk nasabah, serta meningkatkan citra positif maupun reputasi perusahaan.
Tercatat ada lima penghargaan penting yang diraih Allianz Indonesia dalam kurun waktu tersebut. Yang pertama adalah Service Quality Award 2019 untuk dua kategori, yaitu kategori Convensional Service untuk Life and Health Insurance, serta kategori Digital Service untuk Life and Health Insurance. Penghargaan ini diberikan berdasarkan survey kepuasan pelanggan Service Quality Index (SQI) dimana hasil penilaiannya menunjukkan Allianz Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang dinilai mempunyai nilai SQI tertinggi dan di atas rata-rata nilai industri dengan kategori Diamond.
Hasil Survey SQI ini selaras dengan hasil survey pengukuran kepuasan nasabah Net Promotor Score yang secara teratur dilakukan oleh Allianz Life Indonesia setiap tahun terhadap 39 titik area pelayanan nasabah. Selama tiga tahun berturut-turut sejak 2016 hingga 2018 tingkat kepuasan nasabah melalui nilai NPS yang diperoleh Allianz Life Indonesia terus meningkat dan di atas rata-rata industri asuransi, tiga diantaranya yang terpenting adalah:
- Tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan Allianz terus membaik, ditandai dengan berkurangnya jumlah keluhan pada Q2 2019 sebanyak 48% dibandingkan dengan Q2 2018.
- Peningkatan penggunaan eAZy Claim: 25% lebih banyak klaim yang diajukan secara digital dibandingkan tahun 2018.
- Tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan agen Allianz pada penilaian NPS menunjukkan peningkatkan sebesar 32 poin per 2018, meliputi tingkat responsif agen, kemudahan untuk dihubungi, kemauan untuk membantu dan sikap kepedulian terhadap nasabah.
“Kami menggunakan feedback nasabah dari hasil penilaian NPS sebagai dasar untuk melakukan pelayanan yang unggul dan sebagai insight untuk customer touch points. Kami mendengarkan pelanggan kami dan meningkatkan layanan berdasarkan hal tersebut,” kata Alessandro Martirani, Chief Operating Officer Allianz Life Indonesia saat menerima penghargaan SQA Award 2019.