Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia naik menjadi 49,68 persen (+11,65 persen dibandingkan dengan tahun 2019). Sementara itu, indeks inklusi keuangan tahun 2022 mencapai 85,10 persen (+8,91 persen dibandingkan dengan tahun 2019). Hal tersebut menunjukkan tingkat literasi dan inklusi semakin meningkat. Sebagai perusahaan sektor keuangan, Allianz Indonesia turut membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Dalam rangka Hari Asuransi yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2023, Yayasan Allianz Peduli melalui CSR Allianz Indonesia, bersama dengan Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan Permodalan Nasional Madani (PNM), melakukan serangkaian kegiatan dengan memberikan informasi terkait pentingnya mengelola keuangan.
Kami menyelenggarakan program literasi keuangan melalui permainan edukatif Smart Plan Board Game untuk 60 UMKM dan 125 murid SMKN 2 Bandung. Sebanyak 15 mahasiswa dari berbagai universitas di Bandung dan 10 karyawan Allianz dari kantor cabang Bandung berpartisipasi sebagai fasilitator untuk memandu permainan ini. Selain itu, melalui kemitraan dengan Solve Education!, kami juga menyiapkan literasi keuangan melalui platform digital yakni Ed Learning BOT untuk para murid di berbagai sekolah di Bandung agar semakin banyak generasi muda yang melek literasi.