Dapatkah Mengubah Tanggungan dan Plan Asuransi Kesehatan?

7 Juni 2021 | Allianz Indonesia
Dalam kehidupan, perubahan selalu terjadi, dari sebelumnya single menjadi berkeluarga lalu memiliki anak, atau perubahan pada jabatan dalam pekerjaan dan pendapatan. Untuk menghadapi perubahan tersebut perlu juga kita meninjau dan merubah polis asuransi kesehatan yang kita miliki. Bagaimana caranya? baca tips berikut ini.

Apakah memungkinkan apabila kita ingin merubah plan Asuransi kesehatan kita?

Mengubah plan Asuransi kesehatan itu sangatlah mungkin, kita tinggal menyesuaikan apa yang ingin kita sesuaikan dengan kebutuhan akan perlindungan asuransi. Ada dua jenis perubahan yang dapat dilakukan yaitu perubahan jumlah tanggungan dan juga perubahan plan manfaat asuransi kesehatan.    

Apa yang dimaksud dengan perubahan atau penambahan jumlah tanggungan?

Yang dimaksud dengan perubahan atau penambahan jumlah tanggungan adalah apabila kita akan menambahkan istri atau anak kita ke dalam daftar tanggungan dalam polis Asuransi kesehatan. Penambahan ini bisa dilakukan hanya dengan pemegang polis mengisi dan menyerahkan formulir permohonan Asuransi kesehatan istri atau anak yang akan ditambahkan dalam polis.

Apa yang dimaksud dengan perubahan plan manfaat asuransi kesehatan?

Sedangkan yang dimaksud dengan perubahan plan manfaat Asuransi kesehatan adalah apabila kita ingin merubah manfaat Asuransi kesehatan yang kita miliki. Misalnya saat ini kita memiliki manfaat rawat inap dengan harga kamar rumah sakit sebesar Rp 500,000 setelah kita tinjau ulang kita ingin meningkatkan manfaatnya menjadi sebesar Rp 750,000. Hal ini bisa dilakukan oleh pemegang polis dengan mengisi formulir permohonan perubahan polis asuransi kesehatan. 

Apakah perubahan plan ini bisa dilakukan setiap saat?

Pada umumnya, perusahaan Asuransi akan menyarankan bahwa perubahan atau penambahan yang dilakukan pada polis Asuransi kesehatan ini dilakukan pada periode ulang tahun polis. Hal ini untuk memudahkan penghitungan jumlah premi yang harus dibayarkan akibat perubahan maupun penambahan yang kita lakukan serta menjaga sisa limit tahunan dari total manfaat.

Adakah hal-hal lain yang perlu diperhatikan saat akan mengajukan perubahan plan dan penambahan peserta?

Yang perlu diperhatikan saat mengajukan perubahan plan atau penambahan peserta adalah biasanya perusahaan asuransi akan melakukan peninjauan ulang risiko. Sementara beberapa produk bisa diberikan tanpa peninjauan ulang dengan memberlakukan masa tunggu dimana peserta belum bisa mengajukan klaim sebelum periode masa tunggu berakhir.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023