Asuransi Online, Solusi Melindungi Diri yang Mudah dan Terjangkau

17 Mei 2022 | Allianz Indonesia
Pandemi Covid-19 telah mengubah cara orang berkegiatan, dari semula dilakukan secara tatap muka, menjadi dalam jaringan atau online. Hal ini turut mendorong maraknya asuransi online. Asuransi online menjadi solusi bagi banyak orang yang ingin memenuhi kebutuhan proteksi di tengah pandemi. 


Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak awal 2020, beraktivitas secara online atau virtual menjadi solusi agar tetap aman di tengah kondisi yang tidak pasti akan penyebaran virus corona.

Pandemi Covid-19 juga membuka kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi diri dengan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa di tengah pandemi. Dengan memiliki Asuransi Kesehatan, Nasabah tetap dapat memperoleh pelayanan pengobatan jika jatuh sakit tanpa harus menguras tabungan yang sudah disiapkan untuk tujuan keuangan di masa depan. Sebab, perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan tersebut. Begitu pula dengan Asuransi Jiwa yang akan memberikan santunan bagi keluarga yang ditinggalkan jika pencari nafkah tutup usia.

Tidak cuma meningkatkan kesadaran akan pentingnya asuransi, situasi pandemi juga mendorong maraknya asuransi online, yakni asuransi yang dipasarkan secara online melalui website perusahaan asuransi atau marketplace produk keuangan. Kehadiran asuransi online ini tak terlepas dari perkembangan dunia digital yang mengubah perilaku konsumen dari yang tadinya melakukan aktivitas secara langsung, menjadi serba online.

Di samping itu, pembatasan perjalanan juga menjadi faktor lain yang mendorong berkembangnya asuransi online. Sebab, asuransi online memungkinkan Nasabah dapat memiliki asuransi dan proteksi secara optimal tanpa harus ke luar rumah dan melakukan pertemuan dengan agen pemasar.

 

Baca juga: Covid-19 Belum Usai, Ini Tips Menjaga Kesehatan selama Bulan Ramadan

 

Kenali kelebihan asuransi online

Dibanding asuransi konvensional, asuransi online menawarkan beberapa kelebihan, yaitu:

1. Mudah dan cepat

Berbeda dengan asuransi konvensional yang dibeli melalui agen pemasar, asuransi online sendiri dapat menjalankan proses transaksi melalui website, aplikasi, atau marketplace. Transaksi yang berlangsung melalui gadget pun membuat proses pembelian asuransi online tanpa memerlukan banyak dokumen fisik. Nasabah juga dapat mengisi dokumen, melampirkan data, serta mengirim formulir dan data tersebut secara digital dan dalam waktu real time.

Berbeda halnya dengan asuransi konvensional yang menuntut pengisian formulir dan pelampiran dokumen secara fisik. Pengiriman dokumen secara fisik ini tentu berisiko hilang di jalan atau dokumen lebih lama sampai di kantor perusahaan asuransi. Inilah yang membuat proses pembelian asuransi online lebih mudah, cepat, efisien, dan praktis ketimbang asuransi konvensional.

2. Dapat dibeli kapan saja dan di mana saja

Saluran pembelian asuransi online pun dapat diakses setiap saat. Ini memungkinkan calon Nasabah membeli asuransi kapan saja dan di mana saja, bahkan saat sedang berlibur, di luar jam kantor, serta pada hari libur nasional sekalipun.

Berbeda halnya dengan membeli asuransi konvensional, di mana calon Nasabah harus membuat janji dengan tenaga pemasar jika ingin membeli asuransi. Sehingga, waktu pembelian dan konsultasi terbatas pada ketersediaan waktu dari dua belah pihak.

 

Baca juga: #YUKPAHAMI Alur Pembelian Asuransi Jiwa sampai Polis Aktif

 

3. Dokumen aman

Karena semua dokumen disimpan secara digital, maka data dan dokumen calon Nasabah pun tersimpan secara rapi dan aman di server perusahaan asuransi. Berbeda halnya pada pembelian asuransi konvensional, di mana formulir dan dokumen berisiko tercecer atau hilang saat di perjalanan. Penyimpanan data secara digital pun memudahkan Nasabah melakukan pengkinian data.

4. Syarat pengajuan lebih sederhana

Karena asuransi online bertujuan menjangkau pasar yang lebih luas, maka tak heran jika syarat-syarat pengajuan asuransi online pun lebih sederhana dibandingkan dengan pengajuan asuransi konvensional. Asuransi online umumnya tidak mewajibkan calon Nasabah untuk melakukan medical check-up terlebih dahulu. Berbeda halnya dengan asuransi konvensional yang mensyaratkan medical check-up untuk calon Nasabah yang menginjak usia tertentu.

Meski syarat pembelian asuransi online tampak lebih sederhana, namun kamu tetap perlu mengisi formulir dengan jujur. Hal ini terutama jika menyangkut kondisi kesehatan kamu sebelum memiliki Asuransi Kesehatan. Mengisi formulir dengan jujur akan menghindarkan kamu dari kerugian di kemudian hari, akibat perusahaan asuransi menolak membayar klaim karena menganggap informasi yang kamu isi pada formulir tidak jujur.

5. Lebih mudah mengajukan klaim

Asuransi online umumnya menyediakan saluran pengajuan klaim yang online juga. Ini membuat proses pengajuan klaim menjadi lebih mudah, cepat, dan efektif. Pengajuan klaim online memungkinkan Nasabah fokus pada pengobatan, tanpa perlu menyiapkan waktu khusus untuk mengirim dan menyiapkan formulir dan dokumen pelengkap fisik ke perusahaan asuransi.

Dengan proses yang mudah secara online, otomatis jangka waktu keseluruhan proses pengajuan klaim hingga perusahaan asuransi membayar klaim juga akan semakin singkat. Sehingga, Pemegang Polis bisa memperoleh manfaat dari klaim yang ia ajukan lebih cepat. Umumnya, perusahaan asuransi akan membayarkan klaim yang diajukan oleh Nasabah dengan estimasi waktu 14 hari setelah formulir dan dokumen lengkap diterima.

6. Premi lebih terjangkau

Karena asuransi online bertujuan menjangkau pasar yang lebih luas, maka premi yang ditawarkan juga lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi konvensional. Namun yang perlu kamu ingat pula, premi yang dibayar selalu berbanding lurus dengan manfaat yang kamu terima.

Mengingat premi asuransi online lebih terjangkau, manfaat atau santunan yang ditawarkan asuransi online pun umumnya tidak sebesar yang bisa ditawarkan oleh asuransi konvensional. Manfaat dan santunan yang tinggi dapat diartikan risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi juga lebih tinggi. Sehingga, perusahaan asuransi akan melakukan full underwriting dalam menerima atau menolak surat pengajuan asuransi. Proses full underwriting ini tidak berlaku pada asuransi online.

 

Baca juga: Kenali 7 Fakta Mengenai Asuransi Online yang Perlu Kamu Ketahui

 

Jika saat ini kamu ingin melindungi diri dengan asuransi, namun ingin proses yang praktis dan cepat, maka asuransi online adalah solusi yang tepat untukmu. Salah satu asuransi online yang dapat kamu pertimbangkan adalah eAZy Health, asuransi kesehatan online yang dapat dibeli di website Allianz Indonesia. eAZy Health menyediakan manfaat kesehatan yang dapat kamu miliki secara praktis dan efisien. Di samping proses yang cepat, kamu juga bisa menggunakan manfaat Rawat Jalan di Halodoc atau mengajukan klaim dengan mudah melalui eAZy Connect. Yuk lindungi diri dan keluarga, kini dan nanti!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023