Pandemi COVID-19 yang memicu krisis ekonomi mengakibatkan tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan baru bagi seluruh industri, termasuk industri asuransi. Meski relatif berat, namun perusahaan asuransi mampu meraih sejumlah prestasi melalui pengelolaan produk unit link.
Unit link sebagai produk asuransi yang memiliki dua manfaat sekaligus, yakni perlindungan dan investasi, mampu menarik minat masyarakat di pasar luas. Namun, sejatinya produk asuransi unit link tetap fokus pada tujuan utama yaitu sebagai perlindungan, sedangkan manfaat investasi adalah sebagai pelengkapnya.
Perusahaan asuransi yang dinilai berhasil meraih pertumbuhan positif dalam pengelolaan produk unit link mendapatkan apresiasi dari Majalah Investor dan PT Infovesta Utama dalam acara Unit Link Awards 2021, yang diselenggarakan secara virtual di Berita Satu pada 18 Februari 2021.
PT Asuransi Allianz Life Indonesia sebagai salah satu perusahaan asuransi yang juga turut menorehkan pertumbuhan positif dalam pengelolaan produk unit link berhasil meraih penghargaan Unit Link Terbaik 2021 sebagai AlliSya Rupiah Equity Fund dalam kategori Saham Syariah Periode 10 Tahun, sebagai SmartLink Dollar Managed Fund dalam kategori Campuran Denominasi USD Periode 3 Tahun, kategori Campuran Denominasi USD Periode 5 Tahun serta kategori Campuran Denominasi USD Periode 10 Tahun.
Metode penilaian untuk penerima penghargaan ini dinilai berdasarkan kinerja investasi yang tercermin pada imbal hasil yang ditorehkan serta memperhitungkan optimalisasi return menggunakan Modified Sharpe Ratio dengan bobot masing-masing indikator adalah 40% untuk total return dan 60% untuk modified sharpe ratio.
Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Allianz Life Indonesia untuk selalu berupaya menciptakan produk-produk asuransi yang berkualitas, terpercaya dan mampu memberikan manfaat yang maksimal kepada Nasabah dan masyarakat Indonesia.