Sambut Hari Asuransi, Allianz Indonesia Beri Literasi Keuangan untuk Pelaku UMKM dan Pelajar di Bandung

Allianz Indonesia kembali berpartisipasi dalam acara Literasi Hari Asuransi 2024 yang diselenggarakan oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

 16 Oktober 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 16 Oktober 2024 – Allianz Indonesia terus mendukung upaya peningkatan literasi dan penetrasi asuransi ke berbagai lapisan masyarakat. Hari Asuransi yang jatuh pada tanggal 18 Oktober setiap tahunnya merupakan salah satu momen yang krusial untuk menjadi pengingat bahwa perlindungan asuransi sangatlah penting bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Allianz Indonesia kembali berpartisipasi dalam acara Literasi Hari Asuransi 2024 yang diselenggarakan oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Tahun ini, Allianz Indonesia menjadi fasilitator yang memberikan literasi keuangan dan asuransi untuk para pelaku UMKM di kota Bandung pada tanggal 15 Oktober 2024.

Menurut data Kadin Indonesia, pada tahun 2023 pelaku usaha UMKM mencapai sekitar 66 juta. Kontribusi UMKM mencapai 61% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia, setara Rp9.580 triliun. UMKM menyerap sekitar 117 juta pekerja (97%) dari total tenaga kerja. Sebagai kontributor PDB yang cukup dominan, penting bagi pelaku UMKM memahami dengan baik cara mengelola keuangan, memahami risiko keuangan, dan pentingnya memiliki perlindungan asuransi sebagai persiapan rencana masa depan yang lebih baik dan lebih sejahtera.

“Allianz Indonesia terus memperluas jangkauan untuk memberikan literasi keuangan dan asuransi kepada lebih banyak masyarakat. Para pelaku UMKM merupakan salah satu komunitas yang memegang peranan penting dalam perekonomian bangsa. Kami sangat berbahagia mendapatkan kesempatan untuk memberikan literasi keuangan dan asuransi kepada para pelaku UMKM di kota Bandung. Kami berharap dapat terus mendukung perkembangan industri asuransi dengan konsisten melakukan upaya peningkatan literasi di Indonesia,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Allianz Indonesia yang direpresentasikan oleh Tim Corporate Social Responsibilities/CSR bersama tim Allianz Indonesia dari kantor cabang Bandung mengajak 60 orang pelaku UMKM di wilayah Bandung untuk memahami pengelolaan keuangan melalui permainan Allianz SmartPlan Board Game.

Simulasi Allianz SmartPlan Board Game dibuat menyerupai kondisi sehari-hari, untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai dasar-dasar pengelolaan keuangan, risiko keuangan, pinjaman online, faktor eksternal yang mungkin dapat mempengaruhi kondisi keuangan, dan lain-lain. Peserta diberikan pembelajaran tentang mengelola arus kas, mengatur pengeluaran untuk berbelanja, pentingnya menabung, dan berasuransi sebagai perlindungan atau safety net ketika kondisi keuangan keluarga mengalami risiko.

Selain itu, Allianz SmartPlan Board Game juga memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada peserta tentang jenis-jenis aset yang produktif untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Di samping itu, peserta juga diajak untuk mengenal skenario yang dapat memengaruhi nilai aset yang dimiliki, seperti kondisi pasar yang fluktuatif. Peserta yang berhasil mengumpulkan aset terbanyak, berhak menjadi pemenang dalam permainan board game ini.

Literasi Keuangan dan Asuransi untuk Kesiapan Generasi Muda Hadapi Masa Depan Sejahtera

Melanjutkan kegiatan literasi yang dilakukan tahun lalu, Allianz Indonesia juga mengunjungi SMKN 2 Bandung untuk mengajak siswa-siswa kelas X dan XI cara mengelola keuangan serta memahami pentingnya perlindungan asuransi dengan bermain Allianz SmartPlan Board Game.

Selain mengelola keuangan, Allianz Indonesia juga memberikan social media challenge untuk mendorong para pelajar membuat video terkait edukasi literasi keuangan, misalnya berupa simulasi anggaran bulanan dan tujuan menabung versi sendiri. Dengan demikian, para siswa bisa lebih bersemangat memahami perencanaan keuangan melalui social media post, dimana  penggunaan media sosial sangat dekat dengan kehidupan remaja sehari-hari.

“Usia remaja merupakan periode yang sangat baik untuk memulai pemahaman dan penerapan cara mengelola keuangan. Literasi keuangan dan asuransi yang diberikan secara berkala dapat menjadi fondasi awal generasi muda cermat dan cerdas finansial di masa depan. Dengan bekal pengetahuan finansial yang baik, generasi muda menjadi harapan bangsa untuk berkontribusi dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang semakin baik lagi.” tutup Ni Made.

Hari Asuransi di Bandung

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.