Allianz Menjadi Brand Asuransi Nomor Satu di Dunia dan Perkuat Valuasi Brand dengan Berbagai Inisiatif 

Allianz berada pada posisi 29 dalam peringkat Best Global Brands dari Interbrand tahun ini. Allianz diakui sebagai brand jasa keuangan paling bernilai untuk keenam kalinya secara berturut-turut, dimana Allianz meningkatkan nilai brand-nya menjadi USD23,5 miliar.

22 Oktober 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 22 Oktober 2024 – Allianz terus melesat ke posisi teratas jajaran brand paling kuat di dunia pada tahun 2024, didorong oleh proposisi nilai karyawan yang kuat, komitmen untuk membangun kepercayaan melalui keberlanjutan, serta kemitraan bergengsi di bidang olahraga.

Untuk pertama kalinya, Allianz dinobatkan sebagai salah satu dari 30 brand paling bernilai di dunia, naik dua peringkat ke posisi 29 dalam peringkat Best Global Brands dari Interbrand tahun ini. Allianz diakui sebagai brand jasa keuangan paling bernilai untuk keenam kalinya secara berturut-turut, dimana Allianz meningkatkan nilai brand-nya menjadi USD23,5 miliar (pada tahun 2023: USD20,85 miliar) dan mengungguli pertumbuhan sektor jasa keuangan sebesar 7%.

Dengan demikian, Allianz menjadi brand asuransi di posisi paling atas dibandingkan dengan brand-brand dari sektor jasa keuangan dan asuransi lainnya menurut Best Global Brand dari Interbrand.

Kekuatan brand Allianz di Indonesia

Allianz Indonesia secara resmi menunjukkan keberhasilannya dalam menciptakan budaya tempat kerja yang baik dengan meraih sertifikasi Great Place to Work 2024, yang disematkan oleh Great Place to Work Institute, sebuah lembaga sertifikasi internasional yang juga mengkurasi perusahaan-perusahaan terbaik dalam daftar Fortune 100 Best Companies to Work For®. Dengan meraih sertifikasi sebagai Great Place to Work 2024, Allianz Indonesia diakui secara global sebagai salah satu perusahaan yang berhasil menerapkan budaya tempat kerja dengan kepercayaan yang tinggi dari para karyawannya.

Berdasarkan penilaian pada Trust Index Score yang didapat melalui survei kepada karyawan, didapatkan hasil bahwa karyawan Allianz Indonesia menempatkan persepsi yang baik terhadap perusahaan dan lingkungan kerja yang telah dibangun. Dari survei tersebut, 98 persen karyawan merasa bahwa Allianz Indonesia merupakan tempat yang aman untuk bekerja, 97 persen karyawan merasa disambut dan diterima ketika bergabung dengan perusahaan, dan sebanyak 95 persen karyawan setuju telah mendapatkan pelatihan dan pengembangan diri yang optimal.

“Sebagai aset penting perusahaan, seluruh karyawan berhak mengembangkan potensi diri yang dimiliki dan merasakan kenyamanan dalam bekerja. Kami di Allianz percaya bahwa semangat positif dari karyawan kami akan memberikan pengaruh besar bagi pertumbuhan dan kemajuan perusahaan,” kata Alexander Grenz, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Sejak tahun 2020, Allianz telah menjadi Worldwide Olympic & Paralympic Insurance Partner, dimana Allianz menyediakan berbagai solusi perlindungan bagi atlet, penyelenggara, dan penggemar. Kemudian pada skala lokal, Allianz Indonesia juga mendukung beberapa sports event, seperti Woman Half Marathon Indonesia 2024 dan Garmin Run Asia Series 2024 – Indonesia, dengan menjadi official insurance partner. Allianz Indonesia memberikan perlindungan kepada seluruh pelari yang mengikuti kedua event ini.

Performa brand yang kuat menciptakan top of mind di tengah masyarakat Indonesia. Hal ini tak lepas dari kepercayaan yang diberikan kepada para nasabah dan masyarakat kepada Allianz Indonesia, untuk melindungi masa depan diri beserta keluarga. Dengan pengakuan dan berbagai inisiatif branding yang dilakukan oleh Allianz, Allianz semakin kokoh dan terbukti sebagai institusi yang dipercaya masyarakat, tidak hanya ditingkat lokal, tetapi juga internasional.

Interbrand 2024

Pelatihan Atletik Profesional melalui Program MoveNow Camp – Global Edition

Dalam perannya sebagai Worldwide Olympic & Paralympic Insurance Partner, Allianz berdedikasi untuk mempromosikan aktivitas fisik kepada generasi muda di seluruh dunia. Melalui olahraga beregu, Allianz bertujuan untuk mengembangkan keterampilan fisik, mental, dan sosial yang akan membekali generasi penerus di masa depan. Oleh karena itu, Allianz dan FC Bayern München bekerja sama untuk menyelenggarakan MoveNow Camp - Global Edition yang kedua pada tanggal 12-16 September 2024.

”Melalui program ini, kami dengan bangga telah memberangkatkan tiga anak muda berbakat dari Indonesia untuk bergabung bersama peserta lainnya. Kami berharap para peserta dapat membawa pulang pengalaman berharga, ilmu, serta motivasi yang kuat untuk terus berkembang di dunia olahraga. Kami yakin, pengalaman ini akan menjadi titik awal yang penting dalam perjalanan mereka sebagai atlet muda yang berpotensi besar di masa depan,” kata Alexander

Pada tahap seleksi, calon peserta diharuskan untuk membuat video motivasi dalam bahasa Inggris dengan durasi maksimal 5 menit, serta mengisi formulir statement of consent sebagai bagian dari proses pendaftaran. Kemudian setelah melalui proses seleksi ketat, Allianz Indonesia mengirimkan tiga remaja dari Indonesia, untuk bergabung bersama dengan peserta dari 10 negara mengikuti program MoveNow Camp - Global Edition.

Tiga anak muda berbakat dari Indonesia yang berhasil lolos seleksi untuk mengikuti MoveNow Camp – Global Edition adalah Billy Justine, M. Nabil Setiawan, dan Matthew Gabriel N.P. Mereka dipilih berdasarkan antusiasme dan motivasi mereka terhadap olahraga, yang ditunjukkan melalui video dan formulir yang mereka kirimkan. Setelah terpilih, ketiga peserta ini diberangkatkan ke Munich untuk berpartisipasi dalam pelatihan atletik profesional, yang akan membantu mereka mengasah kemampuan fisik dan mental sebagai atlet muda.

“Sebagai perusahaan asuransi, tentu saja Allianz akan selalu mengkampanyekan pentingnya gaya hidup sehat kepada masyarakat luas, salah satunya dengan bermitra dengan berbagai sports event dan memberikan perlindungan yang dibutuhkan para peserta, serta berpartisipasi dalam berbagai program yang mempromosikan aktivitas fisik untuk kesehatan. Kami berharap dengan hadirnya Allianz, beserta perlindungan yang kami sediakan baik untuk nasabah maupun masyarakat yang lebih luas, kami dapat terus memperkuat valuasi brand Allianz dan terus melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.” tutup Alexander. 

MoveNow Camp Global Edition 2024

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.