Catatkan Prestasi Ulang Tahun Pertama, Allianz Syariah Salurkan Manfaat Asuransi Rp832 Miliar di Kuartal III

PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) merayakan ulang tahun pertamanya dengan berbagai pencapaian positif dalam upaya memperkuat posisinya di pasar asuransi syariah di Indonesia. 

15 November 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 15 November 2024 – PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) merayakan ulang tahun pertamanya dengan berbagai pencapaian positif dalam upaya memperkuat posisinya di pasar asuransi syariah di Indonesia. Sebagai perusahaan asuransi yang berlandaskan prinsip syariah, Allianz Syariah menekankan nilai tolong-menolong dalam memberikan proteksi yang inklusif bagi masyarakat Indonesia.

“Kepercayaan pasar terus meningkat. Pada kuartal III 2024, penjualan premi baru atau Annualized Premium Equivalent (APE) mencapai Rp600 miliar, dengan pangsa pasar sebesar 21,1 persen. Pertumbuhan APE ini mencerminkan kepercayaan nasabah terhadap Allianz Syariah dalam memberikan perlindungan sesuai kebutuhan mereka,” ungkap Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana, di Jakarta, Rabu (15/11).

Pada kuartal III 2024, lanjutnya, Allianz Syariah juga mencatat Kontribusi Bruto sebesar Rp1,34 triliun. Selain itu, Allianz Syariah telah menyalurkan santunan dan manfaat asuransi senilai Rp832 miliar kepada peserta. Saat ini Allianz Syariah memberikan perlindungan kepada lebih dari 160.000 pihak yang diasuransikan.

Pendirian Allianz Syariah sebagai entitas terpisah sejak 1 November 2023 menjadi langkah strategis dalam memenuhi kebutuhan proteksi masyarakat, tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat muslim, namun seluruh masyarakat di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan mendekatkan layanan asuransi syariah kepada seluruh lapisan masyarakat, melalui pendekatan produk yang universal dan berlandaskan kebaikan,” tambahnya.

Di bidang inovasi produk, Allianz Syariah memperkenalkan beberapa produk seperti AlliSya LegacyMax, asuransi jiwa tradisional yang dapat membantu persiapan rencana warisan untuk keluarga, AlliSya Flexi Medical, asuransi kesehatan tradisional, AlliSya Flexi Medical Plan, manfaat tambahan Kesehatan yang melengkapi asuransi jiwa unit link, serta beberapa produk yang tersedia melalui mitra perbankan yaitu MyProtecion Rencana dan MyProtection Waris untuk nasabah Maybank Indonesia, serta Guardia Rencana Syariah untuk nasabah Bank SMBC Indonesia.

“Dengan digitalisasi, proses pemasaran Allianz Syariah kini hampir sepenuhnya dapat diproses secara digital, memudahkan peserta untuk mendapatkan perlindungan asuransi dengan cepat,” katanya lagi.

Dia menekankan bahwa Allianz Syariah akan terus memperkuat jalur distribusi melalui tenaga pemasar dan mitra perbankan, memperluas kemitraan bancassurance, dan mengadopsi teknologi guna meningkatkan akses terhadap asuransi syariah. Allianz Syariah juga berkomitmen mendukung kebijakan OJK dalam memperluas penetrasi asuransi syariah di Indonesia.

Untuk pencapaiannya yang positif, Allianz Syariah juga menerima beberapa penghargaan dan pengakuan dari beberapa media, seperti Sharia Life Insurance Market Leaders 2024 dari Media Asuransi, Best Sharia Life Insurance Award dari Investortrust & Infovesta Utama, Special Award Kategori Most Commited Life Insurance In Sharia Business dari The Finance Infobank Group, Top Full Fledged Syariah Indonesia's Top 20 Syariah 2024 dari The Iconomics, Indonesia Digital Popular Brand Award 2024 dari Infobrand, dan Indonesia Best Sharia Life Insurance 2024 with Sharia Insurance Accessibility, Expansion, dari Warta Ekonomi.

Tenaga pemasar Allianz Syariah juga mendapatkan berbagai apresiasi pada acara Sharia Insurance Convention and Awards (SICA), sebuah penghargaan di bidang perasuransian syariah yang diselenggarakan oleh Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI). Apresiasi yang disematkan kepada para tenaga pemasar Allianz Syariah yang berprestasi adalah Best of the Best Sharia Agency 2024, Best Sharia Agent by Contribution 2024, Rank I Best Sharia Rookie by Contribution 2024, Rank I Best Sharia Agent Offering Waqf by Policy 2024, Rank I Best Sharia Agent in Bancasurrance 2024,  Rank II Best Sharia Leader 2024, Rank II Best Sharia Rookie by Policy 2024, dan Rank IV Best Sharia Agent by Policy 2024.

Allianz Syariah juga terus konsisten meningkatkan pelayanan untuk para peserta asuransi yang memiliki manfaat perlindungan kesehatan. Salah satunya dengan bekerja sama dengan Third Party Administrator (TPA) Global Excel Indonesia sebagai pengelola cashless claim di dalam negeri, dan Across Asia Assist sebagai pengelola cashless claim di luar negeri. Performa TPA rekanan Allianz Syariah banyak mendapatkan testimoni positif dari para peserta, dimana hal ini menunjukkan kualitas terbaik yang diberikan oleh Allianz Syariah.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.