Terapkan Lingkungan dan Budaya Kerja yang Positif, Allianz Indonesia Raih Sertifikasi Great Place to Work 2024

Allianz Indonesia secara resmi meraih sertifikasi Great Place to Work 2024 sebagai bentuk keberhasilan perusahaan yang berdedikasi dalam menciptakan budaya kerja yang positif, inklusif, dan mendukung kolaborasi antarkaryawan secara maksimal.

15 Mei 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 15 Mei 2024 – Allianz Indonesia secara resmi menunjukkan keberhasilannya dalam menciptakan budaya tempat kerja yang baik dengan meraih sertifikasi Great Place to Work 2024. Sertifikasi ini memperkuat bukti komitmen Allianz Indonesia untuk selalu meningkatkan budaya kerja yang positif, inklusif, dan mendukung kolaborasi antarkaryawan secara maksimal.

Sertifikasi ini disematkan oleh Great Place to Work Institute, sebuah lembaga sertifikasi internasional yang juga mengkurasi perusahaan-perusahaan terbaik dalam daftar Fortune 100 Best Companies to Work for sejak tahun 1998. Dengan meraih sertifikasi sebagai Great Place to Work 2024, Allianz Indonesia diakui secara global sebagai salah satu perusahaan yang berhasil menerapkan budaya tempat kerja dengan kepercayaan yang tinggi dari para karyawannya.

Country Manager & Presiden Direktur Allianz Life Indonesia, Alexander Grenz mengatakan “Penerapan budaya perusahaan positif merupakan langkah kami dalam mewujudkan komitmen perusahaan untuk dapat menarik talenta-talenta terbaik dan berkolaborasi secara maksimal. Kami memastikan aspek yang penting bagi karyawan terlaksana dengan baik, terutama dalam hal kesetaraan, sehingga karyawan dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki dan merasakan kenyamanan dalam bekerja.”

Berdasarkan penilaian pada Trust Index Score yang didapat melalui survei kepada karyawan, didapatkan hasil bahwa karyawan Allianz Indonesia menempatkan persepsi yang baik terhadap perusahaan dan lingkungan kerja yang telah dibangun. Dari survei tersebut, 98 persen karyawan merasa bahwa Allianz Indonesia merupakan tempat yang aman untuk bekerja,  97 persen karyawan merasa disambut dan diterima ketika bergabung dengan Perusahaan dan sebanyak 95 persen karyawan setuju telah mendapatkan pelatihan dan pengembangan diri yang optimal.

Untuk para karyawan, Allianz Indonesia menyediakan program ”Employee Asisstance Program” yang bertujuan untuk membangun kenyamanan bagi para karyawan di lingkungan kerja. Melalui program tersebut, Allianz Indonesia menyediakan akses bagi karyawan untuk berkonsultasi dengan psikolog profesional terkait isu personal maupun profesional yang dihadapi. Selain itu, untuk pengembangan diri dan kemampuan karyawan, Allianz Indonesia juga menyediakan beragam pelatihan yang beberapa diantaranya berkaitan dengan soft/personal skills, technical skills, dan data literacy skills secara rutin.

Foto acara

Lebih lanjut, Allianz Indonesia juga turut memfasilitasi karyawannya untuk dapat bekerja secara optimal dan efisien, serta menciptakan budaya yang baik dan mengedepankan kesetaraan kesempatan, peluang, hak, dan kewajiban bagi tiap karyawan. Sebanyak 92 persen karyawan merasa diperlakukan secara setara tanpa melihat  posisi dan usia, dan sebanyak 96 persen karyawan mendapat perlakuan yang setara apapun gender dan latar belakang ras yang dimiliki.

Salah satu kesetaraan hak yang didapatkan oleh karyawan Allianz dalam hal kesetaraan gender misalnya hak cuti bagi karyawan perempuan yang baru melahirkan selama empat bulan dan hak cuti bagi laki-laki yang istrinya melahirkan selama satu bulan. Melalui kebijakan ini, Allianz memastikan bahwa karyawan perempuan maupun laki-laki dapat saling berperan dalam mengurus anak yang baru dilahirkan. Selain kesetaraan hak cuti, Allianz Indonesia juga memberikan kesempatan dan peluang yang sama terlepas dari gender, seperti mendukung karyawan perempuan dan laki-laki untuk menduduki posisi kepemimpinan di Perusahaan. Hal ini dilatarbelakangi oleh budaya kesetaraan di Allianz secara global yang fokus utamanya adalah kualitas dan kemampuan seseorang (inclusive meritocracy) dalam bekerja serta menjadi seorang pemimpin. 

"Karyawan merupakan aset terpenting dalam menjaga keberlangsungan perusahaan. Allianz Indonesia akan terus memperkuat komitmen perusahaan dalam memfasilitasi dan mendukung karyawan kami dalam berkarya lewat lingkungan yang positif dan mendukung. Dengan kinerja tim yang optimal, Allianz Indonesia akan mampu mewujudkan tujuannya untuk melindungi masa depan lebih banyak masyarakat Indonesia, termasuk masa depan karyawannya," tutup Alexander.

Great Place to Work 2024

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.