Allianz Life Indonesia Pertahankan Peringkat Nasional Tertinggi ‘AAA’ dari Fitch Ratings

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) kembali dinobatkan oleh Fitch Ratings Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa dengan Peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) tertinggi 'AAA (idn)', Outlook Stabil.

21 Maret 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 21 Maret 2024 – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) kembali dinobatkan oleh Fitch Ratings Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa dengan Peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) tertinggi 'AAA (idn)', Outlook Stabil.

Peringkat Nasional 'AAA' merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch Ratings dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.

Penilaian yang diberikan oleh Fitch Ratings Indonesia ini didasari oleh beberapa faktor, yang pertama adalah dukungan grup Allianz SE. Sebagai bagian dari Allianz SE (IFS ‘AA’/Stabil), Allianz Life adalah salah satu entitas penting yang menggunakan branding Allianz, telah mengadaptasi prosedur dan proses dari grup, serta berbagi keahlian teknis dan sumber daya dengan grup. Pemilik saham Allianz Life sebesar 99,76% adalah Allianz Asia Pacific & Africa GmbH.

Alexander Grenz, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia mengatakan bahwa kondisi keuangan perusahaan yang baik ini didukung oleh kolaborasi seluruh tim, dan dukungan nasabah yang telah mempercayakan pelindungan diri serta keluarga kepada Allianz. “Pencapaian ini dapat terwujud melalui strategi bisnis kami yang terbagi menjadi empat pilar, yaitu pertumbuhan yang lebih tinggi dari pasar dengan dukungan kanal distribusi yang kuat, memberikan solusi dengan nilai tambah yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, menyediakan pengalaman yang menyenangkan kepada nasabah dan mitra bisnis, serta transformasi people and culture dimana para talent Allianz senantiasa berdaya dan memiliki keterlibatan tinggi. Strategi ini didukung oleh Allianz Group dan memungkinkan Allianz Life terus berkembang serta berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah,”

Selain itu, faktor lain yang membuat Allianz Life dapat mempertahankan peringkatnya adalah keberhasilan membukukan pertumbuhan Pendapatan Premi Bruto atau Gross Written Premium/GWP sebesar 7% berdasarkan Laporan Keuangan 2023 (unaudited) di tengah tantangan yang ada. Pendapatan premi perusahaan didukung oleh penjualan produk asuransi jiwa unit link dan produk asuransi jiwa tradisional yang seimbang, dari berbagai jalur distribusi pemasaran.

Menurut Fitch, Allianz Life dinilai 'Favourable' berdasarkan profil bisnis dan ‘Neutral’ berdasarkan tata kelola perusahaan, dibandingkan dengan perusahaan asuransi domestik lainnya. Allianz Life memiliki bisnis yang substantif dalam sektornya, skala operasi yang menguntungkan, selera risiko yang lebih rendah dari sektor secara keseluruhan, dan memiliki lini bisnis yang beragam. Allianz Life adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia, dengan pangsa pasar 10% dari total premi bruto pada akhir tahun 2023.

Keuangan Allianz Life di tahun 2023 berada pada kondisi yang sehat dan kuat. Salah satu indikator yang mencerminkan hal ini adalah tingkat RBC yang berada di 290%, jauh lebih tinggi dari ambang batas yang ditentukan OJK. Sepanjang tahun 2023, Allianz Life telah membuktikan komitmen memberikan perlindungan kepada nasabah, melalui pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp4,3 triliun.

“Dengan kinerja finansial yang konsisten dan reputasi brand yang kuat, kami terus fokus pada tujuan perusahaan untuk melindungi masa depan lebih banyak masyarakat Indonesia. Kami juga ingin terus berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya perlindungan asuransi, sehingga industri asuransi di Indonesia juga terus berkembang.” tutup Alex.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.