35 Tahun hadir di Indonesia, Allianz Utama Konsisten Terus Berikan Beragam Proteksi Asuransi Umum

Sesuai dengan tujuan Allianz secara global, “We Secure Your Future”, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) selama 35 tahun hadir di Indonesia, sejak 21 Desember 1989, menyediakan beragam proteksi asuransi umum bagi masyarakat. 

 

20 Desember 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 20 Desember 2024 – Perekonomian di tahun 2024, baik global maupun domestik, menunjukkan tren yang dinamis. Tantangan utama yang dihadapi banyak negara, termasuk Indonesia, adalah inflasi dan meningkatnya beban biaya hidup sehingga banyak kalangan harus menyesuaikan pola konsumsi.

Dari industri asuransi umum, berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) triwulan III-2024, pertumbuhan premi mencapai 14,5 persen year on year (yoy). Pertumbuhan ini didukung oleh beberapa lini bisnis yang mengalami pertumbuhan positif, walaupun tetap ada lini bisnis lainnya yang terkontraksi.

Sesuai dengan tujuan Allianz secara global, “We Secure Your Future”, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) selama 35 tahun hadir di Indonesia, sejak 21 Desember 1989, menyediakan beragam proteksi asuransi umum bagi masyarakat. Di 2024, Allianz Utama berhasil mencatatkan kinerja positif di tengah tantangan yang ada. Hal ini terlihat dari pencapaian yang baik pada berbagai indikator.

Sampai dengan bulan November 2024, Allianz Utama mencatatkan pertumbuhan positif untuk Growth Written Premium atau GWP sebesar 10% menjadi Rp757 miliar. Lini bisnis yang menjadi kontributor utama pendapatan premi perusahaan adalah asuransi tanggung gugat sebesar 36 persen, asuransi harta benda sebesar 33 persen, asuransi perjalanan sebesar 11 persen, dan asuransi kendaraan bermotor sebesar 8 persen. Asuransi harta benda Allianz Utama tercatat bertumbuh 18 persen secara year-on-year, sedangkan asuransi perjalanan dan asuransi kendaraan bermotor terkontraksi tipis sebesar 2 persen dan 7 persen.

Dengan optimalisasi bisnis dan dukungan seluruh jalur distribusi yang dimiliki, Allianz Utama membukukan laba setelah pajak sebesar Rp20,6 miliar, meningkat 9 persen secara year-on-year. Allianz Utama juga kuat secara finansial, yang salah satu indikatornya dapat dilihat dari tingkat solvabilitas sebesar 602%. Allianz Utama terus mewujudkan komitmen untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia, dengan membayarkan klaim sebesar Rp204,3 miliar, meningkat 28 persen dari periode waktu yang sama di tahun sebelumnya.

Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia mengatakan bahwa, “Di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi, kami berterima kasih kepada nasabah yang telah mempercayakan perlindungannya kepada Allianz sehingga kami dapat terus bertumbuh. Kami akan terus berinovasi dan memperkuat relasi yang harmonis antara perusahaan, karyawan, dan para mitra bisnis untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat. Allianz berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan proteksi nasabah dengan solusi dan layanan asuransi yang berkualitas.”

Komitmen Allianz Utama terlihat dari konsistensi dalam mengembangkan solusi dan perlindungan yang dibutuhkan nasabah dengan menyediakan berbagai jenis perlindungan asuransi umum. Di awal tahun 2024, Allianz Utama memperkenalkan Transportation Allowance, yang merupakan bagian dari Personal Inconvenience Insurance, atau Asuransi Ketidaknyamanan Pribadi, dan akan menjamin kerugian yang timbul ketika mobil pribadi tidak dapat digunakan sementara akibat perbaikan.

Allianz Utama terus konsisten mengembangkan bisnis asuransi perjalanan sebagai salah satu kontributor utama pendapatan premi perusahaan, baik dari jalur distribusi direct sales, broker, keagenan, sampai affinity. Allianz Utama menyediakan produk asuransi perjalanan TravelPRO untuk perorangan, Annual TravelPRO untuk perlindungan perjalanan yang berlaku selama satu tahun, dan Group TravelPRO untuk perlindungan perjalanan satu grup  ke luar negeri.

Pada bulan Mei 2024, Allianz Utama dan Garuda Indonesia kembali melakukan kolaborasi dengan meluncurkan perlindungan untuk penumpang Garuda Indonesia, menghadirkan pilihan produk asuransi perjalanan untuk tujuan domestik maupun internasional, Domestic TravelPro Insurance dan TravelPro International Insurance – Enhanced. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kemitraan yang telah terjalin sebelumnya sejak 2014, dimana produk asuransi perjalanan Allianz memberikan layanan tambahan dan mengoptimalkan perlindungan bagi penumpang Garuda Indonesia saat melakukan perjalanan.

“Perjalanan 35 tahun Allianz Utama di Indonesia merupakan sebuah bukti dari komitmen kami untuk terus berkolaborasi dan maju. Kami bangga bisa terus berkembang dan mewujudkan tujuan Allianz, yakni “We Secure Your Future”, melalui perlindungan yang dibutuhkan oleh lebih banyak masyarakat Indonesia,” tutup Sunadi.

Allianz Utama Anniversary

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.