Dukung Kampanye Nasional OJK GERAK SYARIAH di Bulan Ramadan, Allianz Indonesia Gelar Rangkaian Kegiatan Kebaikan yang Menguatkan bersama Masyarakat 

Allianz Indonesia menggelar rangkaian kegiatan berbagi kebaikan dengan masyarakat dengan literasi dan inklusi asuransi syariah pada bulan Ramadan tahun ini. Hal ini merupakan wujud dukungan Allianz terhadap GERAK SYARIAH, kampanye nasional keuangan syariah yang diselenggarakan OJK selama bulan Ramadan.

06 April 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 6 April 2024 – Allianz Indonesia menggelar rangkaian kegiatan berbagi kebaikan dengan masyarakat dengan literasi dan inklusi asuransi syariah pada bulan Ramadan tahun ini. Hal ini merupakan wujud dukungan Allianz terhadap GERAK SYARIAH, kampanye nasional keuangan syariah yang diselenggarakan OJK selama bulan Ramadan.

Kegiatan literasi yang dilakukan Allianz Indonesia antara lain adalah kegiatan edukasi keuangan dan asuransi syariah melalui permainan Allianz SmartPlan Board Game yang digelar di SMA N 1 Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat.

Allianz SmartPlan Board Game syariah dibuat menyerupai kondisi sehari-hari, dimana peserta diarahkan untuk memahami dasar-dasar pengelolaan keuangan, risiko keuangan, pinjaman online, faktor eksternal yang mungkin memengaruhi kondisi keuangan, dan lain-lain. Para peserta juga diberikan pembelajaran tentang mengelola arus kas, mengatur pengeluaran berbelanja, pentingnya menabung, dan berasuransi dengan asuransi syariah sebagai perlindungan atau safety net ketika kondisi keuangan keluarga mengalami risiko.

Allianz SmartPlan Board Game pun memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada peserta tentang jenis-jenis aset yang produktif untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Di samping itu, peserta diajak mengenal skenario yang dapat memengaruhi nilai aset yang dimiliki, seperti kondisi pasar yang fluktuatif. Dan bagi peserta yang berhasil mengumpulkan aset terbanyak, berhak menjadi pemenang dalam permainan board game.

Gerak Syariah

Untuk rangkaian kegiatan inklusi Allianz Syariah, diselenggarakan di dua lokasi di Jakarta, yaitu di Posyandu Singkong di Kelurahan Grogol Selatan, dan di SMP N 85 Jakarta di Kelurahan Pondok Labu, yang diikuti oleh masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar. Dengan mengadakan rangkaian kegiatan ini, Allianz Indonesia berupaya meningkatkan inklusi asuransi, khususnya asuransi syariah kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) memberikan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya mengenai asuransi jiwa berbasis syariah, yang dapat membantu keuangan keluarga jika sewaktu-waktu peserta asuransi mengalami risiko meninggal dunia. Selain memberikan sosialisasi asuransi, Allianz Syariah juga menyerahkan secara simbolis akses perlindungan asuransi syariah secara gratis kepada 100 orang masyarakat di Kelurahan Grogol Selatan, dan 350 orang masyarakat di Kelurahan Pondok Labu.

“Kami ingin senantiasa berkontribusi dalam mendukung pemerintah dan para pelaku industri lainnya dalam meningkatkan literasi dan inklusi asuransi syariah. Allianz Syariah terus melanjutkan inisiatif Program Pencanangan Gerakan Mengasuransikan 10.000 Masyarakat Indonesia yang dimulai ketika Allianz Syariah resmi berdiri pada bulan November 2023. Selain memberikan kegiatan literasi kepada masyarakat, kami juga melakukan perluasan akses perlindungan asuransi syariah. Dengan demikian, masyarakat dapat semakin baik lagi dalam memahami asuransi syariah, sekaligus terlindungi dengan asuransi jiwa syariah,” kata Achmad K. Permana, Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia.

Foto acara

Selain melakukan edukasi dan menyerahkan akses asuransi jiwa syariah secara simbolis, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli, juga membagikan takjil dan santapan berbuka puasa untuk seluruh masyarakat yang menjadi peserta kegiatan ini.

“Sejalan dengan strategi Allianz Syariah, kami ingin mewujudkan kepedulian dengan memberikan literasi dan berbagi kebaikan melalui berbagai kegiatan, dengan lebih banyak masyarakat di bulan Ramadan yang penuh berkah. Harapan kami, kegiatan literasi dapat mengawali pemahaman masyarakat, khususnya di usia dini, mengenai pentingnya perlindungan asuransi syariah dan konsep saling berbagi kebaikan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ke depannya mereka dapat meningkatkan kualitas hidup dengan lebih baik lagi.” tutup Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.