Allianz Life Syariah Hadirkan Kekuatan Perlindungan Kelas Dunia melalui Nilai Kebaikan yang Universal

Allianz Indonesia secara resmi meluncurkan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Life Syariah) sebagai entitas terpisah yang memberikan perlindungan asuransi jiwa syariah.

16 November 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 16 November 2023 – Allianz Indonesia secara resmi meluncurkan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Life Syariah) sebagai entitas terpisah yang memberikan perlindungan asuransi jiwa syariah. Hal ini merupakan bentuk komitmen Allianz Indonesia untuk membantu masyarakat dan sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dalam perkembangan industri keuangan syariah.

Agar tumbuh dengan optimal, industri keuangan syariah perlu bersinergi dengan ekosistem halal yang tengah berkembang pesat. Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, menjadikan potensi industri halal di Indonesia sangat besar, oleh karena itu Allianz Life Syariah berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi finansial dan penetrasi asuransi di Indonesia, sehingga asuransi syariah mampu terintegrasi dalam ekosistem industri halal.

“Ekonomi syariah mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1991, di mana bank berbasis syariah pertama di Indonesia didirikan. Sejak saat itu, ekonomi syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan sampai dengan hari ini. Saat ini sistem ekonomi syariah telah banyak diterapkan di berbagai sektor, seperti bank, asuransi, multifinance, hotel, rumah sakit dan lain sebagainya,” kata Adiwarman Karim, Praktisi Ekonomi Syariah yang menjadi salah satu pembicara pada acara talk show peresmian Allianz Life Syariah Indonesia.

Penerapan ekonomi syariah di berbagai sektor turut menjadi salah satu pendorong kemajuan industri halal. Di samping itu, meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai islam terkait konsumsi produk halal, serta program pemerintah terkait pengembangan produk dan layanan halal juga ikut mengembangkan industri halal di Indonesia. Yang menarik, industri halal ini tidak hanya diminati oleh masyarakat muslim, tetapi juga non-muslim. Mengapa? Karena prinsip syariah bersifat universal, memiliki nilai-nilai kebaikan di dalamnya.

“Memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang berkembang saat ini, khususnya untuk generasi muda muslim modern, Allianz Life Syariah hadir menawarkan perlindungan kelas dunia dengan memberikan kebaikan yang menguatkan. Karena berbagi kebaikan yang menguatkan adalah tanggung jawab sosial yang dimiliki oleh semua individu, terlepas dari keyakinan yang dianut, dan ini sesuai dengan nilai-nilai yang dianut di Allianz Syariah, yaitu Universal, Trustworthy, Security, Fairness, dan Collaborative,” kata Achmad K. Permana, Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia.

Mewakili generasi muslim muda yang modern, pasangan public figure Dimas Seto dan Dhini Aminarti menerapkan halal lifestyle dalam kegiatan sehari-hari mereka. Gaya hidup halal ini meliputi berbagai aspek dan menyentuh berbagai sektor dalam kehidupan, mulai dari kuliner, fashion, travel, keuangan, dan banyak lagi, sehingga berkembangnya gaya hidup halal ini sejalan dengan pertumbuhan permintaan di berbagai sektor tersebut

“Seiring dengan meningkatnya permintaan akan halal lifestyle, kami mendirikan berbagai bisnis yang tekait gaya hidup halal di bidang kuliner dan fashion untuk membantu masyarakat luas mendapatkan akses untuk menerapkan gaya hidup yang halal. Selain itu, usaha ini juga merupakan bagian dari ibadah serta amal jariyah kami dan keluarga,” ungkap Dimas dan Dhini.

Gaya hidup halal juga diterapkan Dimas dan Dhini dengan menjadi konsumen aktif pada sektor keuangan syariah yang juga sekarang sudah cukup banyak memberikan opsi halal. Contohnya, memiliki tabungan di bank syariah, investasi di instrumen keuangan syariah dan pastinya perlindungan asuransi berbasis syariah seperti yang diberikan oleh Allianz Life Syariah.

Allianz Life Syariah menawarkan perlindungan kelas dunia yang dihadirkan melalui produk dan layanan terbaik, sehingga akan mampu melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia sesuai dengan purpose Allianz, yaitu We Secure Your Future. Komitmen Allianz Life Syariah ini didukung oleh brand dan kekuatan finansial Allianz yang kuat, digitalisasi dalam operasional, serta sumber daya manusia yang unggul.

“Sebagai bentuk nyata komitmen Allianz Life Syariah untuk mengasuransikan lebih banyak masyarakat Indonesia, dalam kesempatan ini Allianz Life Syariah juga mencanangkan gerakan untuk mengasuransikan 10.000 orang secara cuma-cuma. Kami berharap dengan adanya program ini, selain mendapatkan perlindungan, masyarakat juga dapat mengenal konsep asuransi secara langsung dengan berpartisipasi sebagai peserta asuransi syariah,” tutup Permana.  

 

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.