34 Tahun Hadir, Allianz Utama Konsisten Tawarkan Perlindungan Asuransi yang Mendukung Gaya Hidup Masyarakat Indonesia

Beragam kebutuhan dan gaya hidup masyarakat dewasa ini menuntut perusahaan asuransi beradaptasi dalam mengembangkan bisnis dan layanan, tidak terkecuali Allianz Utama. Allianz Utama terus konsisten menggali potensi untuk mengembangkan rangkaian produk yang dapat memberikan perlindungan untuk gaya hidup masyarakat saat ini.

21 Desember 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 21 Desember 2023 – Jelang akhir tahun, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2023 tetap tumbuh kuat sebesar 4,94% dibandingkan periode yang sama tahun 2022[1]. Pertumbuhan positif juga terjadi pada industri asuransi umum. Berdasarkan data yang dirilis oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pada kuartal III tahun 2023 ini premi industri asuransi umum mengalami pertumbuhan sebanyak 10,1% secara year-on-year.

Sejalan dengan hal tersebut, pada kuartal III 2023, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif secara year-on-year sebesar 12% dengan total pendapatan premi sebesar Rp604,2 miliar. Di periode yang sama, Allianz Utama berhasil mencatatkan laba setelah pajak sebesar Rp13,5 miliar. Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan tingkat solvabilitas sebesar 413,6%, di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator, yaitu 120%.

“Ekonomi Indonesia yang bergerak positif ini secara tidak langsung mendukung pertumbuhan premi asuransi umum secara keseluruhan. Oleh karena itu, kami optimis penjualan produk asuransi umum yang kami miliki bisa terus memberikan kontribusi dan mendorong kinerja perusahaan, untuk memberikan perlindungan ke lebih banyak lagi masyarakat Indonesia. Kami juga terus konsisten mengembangkan produk-produk inovatif yang dapat melindungi gaya hidup masyarakat saat ini,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Dari sisi produk, sampai dengan November 2023, Allianz Utama Indonesia mencatat adanya pertumbuhan premi asuransi perjalanan lebih dari 10% dibanding tahun sebelumnya, atau memberikan kontribusi ke Gross Written Premium (GWP) sebesar 12%. Ini menjadikan asuransi perjalanan sebagai salah satu produk dengan kontribusi besar terhadap premi perusahaan untuk tahun 2023. Hal ini sejalan dengan pariwisata internasional yang tumbuh sebesar 86% pada kuartal I 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya[2]. Maraknya konser musik band-band internasional, banyaknya pilihan paket-paket liburan yang affordable, serta keinginan untuk healing di kalangan masyarakat, semakin memengaruhi peningkatan ini.

Pertumbuhan pendapatan premi ini juga dipengaruhi juga oleh beberapa momentum, salah satunya momentum libur bersama untuk Natal dan Tahun Baru. Saat ini, Allianz menghadirkan beberapa paket yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan calon nasabah melalui dua tipe asuransi perjalanan Allianz TravelPro, yaitu untuk single trip dan annual trip. Single trip merupakan perlindungan perjalanan pulang pergi untuk sekali perjalanan, yang manfaatnya dapat menjamin diri sendiri dan dua orang, baik bersama pasangan atau keluarga (orang tua dan anak – anak). Selain itu, annual trip diperuntukkan sebagai pilihan asuransi perjalanan yang dapat menjamin perjalanan multitrip dalam setahun dengan maksimum sekali perjalanan pulang pergi selama 90 hari. Allianz juga memastikan bahwa paket Allianz TravelPro dapat memenuhi kebutuhan persyaratan visa, misalnya persyaratan minimum jaminan medis EUR 30,000 yang diterapkan oleh negara-negara Schengen.

Lebih lanjut, untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah dan para Agen, Allianz Utama meluncurkan Claim Hub untuk asuransi perjalanan. Claim Hub berfungsi sebagai layanan yang memberikan proses klaim yang lebih cepat dan efektif untuk Nasabah. Claim Hub membantu para Agen memonitor dan memandu Nasabah dalam hal klaim. Sejak diluncurkan, para agen telah merasakan layanan yang lancar dan memudahkan proses klaim, khususnya untuk asuransi perjalanan.

“Beragam kebutuhan dan gaya hidup masyarakat dewasa ini menuntut perusahaan asuransi beradaptasi dalam mengembangkan bisnis dan layanan, tidak terkecuali Allianz Utama. Kami terus konsisten menggali potensi untuk mengembangkan rangkaian produk yang dapat memberikan perlindungan untuk gaya hidup masyarakat saat ini. Kami berharap dapat terus konsisten memberikan perlindungan asuransi umum yang komprehensif kepada lebih banyak masyarakat Indonesia, di tahun-tahun mendatang,” tutup Sunadi.

 

[1] https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2530023.aspx

[2] https://www.e-unwto.org/doi/abs/10.18111/wtobarometereng.2023.21.1.2

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.