Allianz Indonesia Berbagi Tips Merawat Kendaraan dan Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan Saat Pandemi

 

Allianz Indonesia mengajak nasabah dan pemilik kendaraan untuk tetap memprioritaskan perawatan kendaraan melalui webinar mengenai tips merawat kendaraan dan pentingnya memiliki asuransi kendaraan saat pandemi yang merupakan rangkaian program Cintai Keluarga & Cintai Bumi.

18 November 2021 | Allianz Indonesia

Jakarta, 18 November 2021 – Dalam rangkaian kegiatan program Cintai Keluarga & Cintai Bumi yang berlangsung sejak bulan September hingga Desember 2021 nanti, baru-baru ini Allianz Indonesia menyelenggarakan webinar untuk berbagi informasi dengan nasabah mengenai tips merawat kendaraan dan pentingnya memiliki asuransi kendaraan saat pandemi.

Allianz Indonesia mengajak nasabah untuk terus memberikan rasa cinta terhadap keluarga dan diri sendiri, melalui perlindungan asuransi yang optimal serta melestarikan bumi dengan memaksimalkan penggunaan layanan digital. “Sebagai wujud nyata kepedulian Allianz dalam melindungi generasi penerus dan menyelematkan bumi, selama program Cintai Keluarga & Cintai Bumi berlangsung, Allianz akan menanam 1 pohon untuk setiap 1 polis elektronik yang terbit,” kata Patrecia Yuriske, Chief Operating Officer Allianz Utama Indonesia.

Pembicara Webinar: Fitra Eri, Jurnalis Otomotif, Patrecia Yuriske, Chief Operating Officer Allianz Utama Indonesia, dan Ignatius Hendrawan, Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia.

Dalam webinar kali ini, Allianz Indonesia menghadirkan Fitra Eri, seorang Jurnalis Otomotif yang berbagi tentang pentingnya merawat kendaraan agar tetap aman dan nyaman, serta terhindar dari beragam risiko kerusakan yang kemungkinan terjadi, baik untuk jangka panjang maupun untuk jangka pendek. Pada dasarnya, selama masa pandemi ada dua risiko yang muncul, yaitu ketika kendaraan yang kita miliki menjadi berkurang penggunaannya karena berkurangnya atau terbatasnya mobilitas, maupun aktifitas kita sebagai pengguna, dan juga ketika kendaraan yang kita miliki terkena berbagai risiko umum yang muncul, seperti menghadapi banjir di musim hujan menjelang akhir tahun seperti saat ini. Untuk itu, diperlukan kesadaran dari pemilik kendaraan untuk memahami pentingnya merawat kendaraan secara berkala demi kenyamanan dalam jangka waktu yang panjang, serta melengkapinya dengan proteksi asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko setiap pengguna.

Fitra Eri memaparkan mengenai langkah-langkah preventif untuk merawat kesehatan mobil, “Mobil memang dirancang sebagai benda bergerak, yang apabila tidak digunakan dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan beberapa bagian tidak bisa berfungsi secara optimal. Rem tangan, oli dan aki mobil menjadi salah satu di antara bagian terpenting mobil lainnya. Untuk itu, apabila ingin memarkirkan mobil dalam jangka waktu yang lama, sebisa mungkin hindari untuk menggunakan rem tangan, atur perseneling agar tetap dalam kondisi gigi yang stabil, serta pastikan untuk selalu parkir di lokasi yang datar. Selain itu, kita juga bisa menggunakan jack stand, merupakan sandaran mobil dengan empat sisi pada setiap roda, sehingga ban tidak akan menyentuh permukaan jalan. Hal tersebut mampu memberikan ketahanan yang lebih lama pada usia ban.”

Fitra juga menyampaikan aki mobil dapat bertahan ketika mobil tidak bergerak, tergantung dari beberapa hal: pertama kondisi aki mobil tersebut, sedangkan yang kedua adalah tipe mobilnya sendiri. Selain itu, tak sebatas pada perawatan yang layak, untuk melindungi mobil dari beragam risiko yang mungkin terjadi, asuransi kendaraan menjadi proteksi yang bisa memberikan ketenangan hati dan pikiran setiap saat.

Pemilik kendaraan dapat melengkapi proteksi kendaraannya dengan Allianz MobilKu yang telah mendapatkan rating “Sangat Puas” atau “5 Star Claim Rating” dari Nasabah atas layanan klaim asuransi mobil yang diberikan

Terkait dengan proteksi kendaraan yang sebaiknya dilengkapi oleh para pemilik kendaraan, Ignatius Hendrawan, Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia berbagi informasi tentang perlindungan dan perluasan manfaat asuransi kendaraan dari Allianz Utama, yaitu Allianz Mobilku. “Para pemilik dan pengguna kendaraan yang melengkapi proteksi kendaraannya dengan Allianz Mobilku bisa mendapatkan beberapa manfaat dan keuntungan, di antaranya adalah dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapatkan rating “Sangat Puas” atau “5 Star Claim Rating” dari nasabah. Rating nilai kepuasan nasabah tersebut diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama, pada bulan Agustus – September 2021, dari sisi kemudahan dan kecepatan pengajuan klaim, pelayanan staf terhadap nasabah, transparasi dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan,” kata Hendrawan.

Tidak hanya itu, sejak bulan Agustus 2021 lalu, Allianz Utama juga menerapkan VOC (Voice Of Customers) yaitu suatu inisiatif dan sistem untuk meningkatkan customer experience, dari sisi layanan dan solusi atas pertanyaan nasabah. “Sejak diterapkannya VOC, nasabah diminta untuk memberikan feedback segera setelah melakukan kontak terhadap Allianz dan perusahaan fokus pada penyelesaian menyeluruh atas feedback nasabah dengan memberikan proses yang lebih efektif dan mudah,” tambah Hendrawan.

“Saat pemilik atau pengguna kendaraan dihadapkan pada dua risiko yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu saja semua manfaat yang diberikan dari Asuransi Kendaraan Allianz Mobilku diharapkan akan menjadi nilai tambah bagi nasabah, karena akan sangat membantu proses klaim, memberikan kenyamanan dan ketenangan serta mengurangi beban di saat pandemi,” tutup Hendrawan.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.