Hasinah Jusuf, Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia, hadir dalam acara tersebut sebagai salah satu pembicara (mewakili pelaku bisnis), membahas pandangan Allianz Indonesia terkait fenomena yang terjadi serta berbagi best practice yang diterapkan Allianz Indonesia dalam memastikan ditegakkannya integritas dan kepatuhan oleh seluruh pemangku kepentingan ditengah kondisi pandemi. “Penerapan Integritas dan kepatuhan Allianz Indonesia tetap secara konsisten dijalankan dalam setiap proses bisnis yang ada, tidak terkecuali dalam era pandemi,” kata Hasinah.
Hal dasar yang menjadi titik berat keberhasilan penerapan dan pelaksanaan kode etik adalah dengan membangun company values serta memastikan para pemangku kepentingan memahami dan menjalankan values tersebut. Allianz Indonesia memiliki 3 values sebagai bagian dari corporate culture perusahaan (TRUST, CARE, EAZY) dimana values ini yang menjadi pedoman dan pendorong utama bagi seluruh karyawan, tenaga pemasar, pemegang saham dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dan diwujudkan dalam bentuk tindakan dan perilaku yang konsisten setiap harinya. Sampai saat ini 95% karyawan Allianz Indonesia menjalankan WFH. Keberhasilan pelaksanaan kebijakan WFH yang dijalankan oleh Allianz Indonesia, dengan tetap mematuhi ketentuan yang berlaku dengan pencapaian yang luar biasa sangat baik, pada saat pandemi merupakan bentuk nyata perwujudan pelaksanaan 3 values diatas.
“Allianz Indonesia memahami sepenuhnya bahwa berbagai perubahan yang harus dilakukan oleh perusahaan maupun karyawan untuk beradaptasi pada tatanan baru yang dikarenakan oleh adanya kondisi pandemi memiliki potensi bagi karyawan untuk menghadapi atau terpapar berbagai masalah, termasuk masalah dilema etika. Disinilah value TRUST sebagai bagian dari corporate culture yang telah diinternalisasikan dapat menjadi panduan bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk karyawan. Karyawan dapat dipercaya dan bertanggung jawab dalam berperilaku, termasuk untuk melaksanakan kewajibannya dengan baik meskipun tidak lagi hadir secara fisik serta diawasi secara langsung dan seluruh interaksi harus dilakukan dalam bentuk digital,” jelas Hasinah lebih lanjut.
Sebagai bagian dari upaya dalam mengatasi dilema etika di tengah kondisi pandemi, Manajemen Allianz Indonesia memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan values yang ada pada corporate culture serta menerapkan pedoman perilaku (Code of Conduct) dari Allianz Group sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari untuk seluruh pemangku kepentingan, berlaku baik WFH maupun yang masih harus bekerja di kantor.
Untuk senantiasa memupuk pemahaman yang sejalan serta memastikan penerapan pemahaman tersebut secara konsisten, berbagai inisiatif telah dilakukan oleh Perusahaan antara lain (i) keterlibatan dan komitmen perwakilan dari Senior Manajemen setiap tahunnya untuk menjadi Value Ambassador dengan program dan action plan yang terstruktur, (ii) penerapan Culture Transformation Virtual Training dengan memperkenalkan Allianz Voyager sebagai culture transformation icon yang mewakili values Perusahaan, program ini merupakan bentuk keterlibatan nyata dari seluruh karyawan dimana setiap orang adalah bagian dari Allianz Voyager dan memiliki misi untuk saling melengkapi dalam menjalankan setiap pekerjaannya, (iii) pelaksanaan Mandatory Online Training Code of Conduct yang didukung oleh Manajemen Allianz Indonesia dan dilaksanakan secara tahunan serta wajib diikuti setiap pemangku kepentingan di Allianz Indonesia, (iv) penyampaian berbagai campaign dan aktivitas value awareness melalui berbagai kanal komunikasi internal.