Allianz Life Syariah Terus Kampanyekan Berbagi Kebaikan dan Fokus Lanjutkan Kinerja yang Baik
PT Asuransi Allianz Life Indonesia melalui Unit Usaha Syariah (Allianz Life Syariah) terus mengkampanyekan inisiatif #AwaliDenganKebaikan yang secara konsisten dilakukan setiap tahun dan mengajak masyarakat Indonesia untuk berbuat kebaikan dengan memberangkatkan sosok sederhana yang menginspirasi untuk berangkat ibadah umroh.
26 Juli 2021 | Allianz Indonesia
Belum lama ini, Allianz Life Syariah telah mengumumkan 20 sosok sederhana yang memperoleh suara terbanyak berdasarkan kisah inspiratif yang diceritakan melalui media sosial Instagram. Di antara para pemenang umroh ini adalah asisten rumah tangga, petugas kebersihan rumah sakit, penjahit sepatu keliling dan penjaga sekolah. Pelaksanaan keberangkatan ibadah umroh untuk para pemenang tahun ini akan mengikuti kebijakan yang berlaku, terkait dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.
Di sisi lain, Allianz Life Syariah juga membukukan kinerja positif dengan pertumbuhan Gross Written Premium (GWP) sebesar 22% dengan nilai Rp 1,5 triliun di tahun 2020. Total aset Allianz Life Syariah mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 19,4%, dari Rp3,4 triliun pada 2020 menjadi Rp4,06 triliun.
Allianz Life Syariah membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan dengan mendistribusikan total manfaat asuransi sebesar Rp 519,4 miliar, dimana 50% lebih dari jumlah tersebut merupakan santunan atau klaim sebagai wujud dari prinsip tolong-menolong dalam asuransi syariah. Santunan tersebut disalurkan kepada lebih dari 33 ribu penerima, yaitu para peserta asuransi syariah yang mengalami risiko.
Sebagaimana diketahui dalam asuransi syariah, nasabah pada prinsipnya adalah para peserta yang berbagi kebaikan dengan peserta lainnya. Sebagian dari kontribusi yang disetorkan oleh peserta akan dikelola dalam kumpulan dana tabarru dan akan digunakan ketika ada salah satu peserta yang mengalami risiko. Di tahun 2020, Allianz Life Syariah mengelola Rp 405 miliar dana tabarru yang menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap Allianz Life Syariah, dalam mengelola perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan syariah dengan amanah.
“Kinerja dan pertumbuhan yang baik ini tidak lepas dari kepercayaan para peserta yang terus bersama dengan Allianz dalam mengelola dan melindungi diri serta keluarga, juga berpartisipasi untuk saling tolong-menolong antar sesama peserta lainnya. Allianz terus fokus pada komitmen memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat dan melalui Allianz Life Syariah, kami juga terus menyediakan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan masing-masing peserta. Kami juga terus berupaya mendukung berkembangnya industri keuangan syariah, khususnya asuransi syariah di tanah air,” kata Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia.
Untuk kinerjanya yang baik di tahun 2020, Allianz Life Syariah memperoleh penghargaan Warta Ekonomi Top 3 Financial Performance of Indonesia Best Insurance Award 2020 with Assets 1T – 5T, Sharia Life Insurance Category dan Infobrand Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 yang mengukur keberhasilan popularitas sebuah brand di era digital melalui search engine based, social media based dan website based. Selain itu, Allianz Life Syariah juga melakukan berbagai kegiatan sosialisasi Allianz Syariah melalui media sosial, untuk meningkatkan kesadaran mengenai asuransi syariah kepada masyarakat melalui Instagram, dalam bentuk Instagram Live dan webinar yang menyampaikan informasi menarik dan relevan seputar syariah yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.
Terus bertumbuh dan Konsisten dengan Konsep Kebaikan di tahun 2021
Kinerja yang baik di tahun 2020 terus berlanjut sampai dengan tahun 2021, dimana perolehan GWP Allianz Life Syariah secara Year-on-Year bertumbuh sebesar 17,5% di kuartal 1 tahun 2021. Selain kualitas produk syariah yang unggul, kinerja Allianz Life Syariah juga didukung oleh kerja keras para tenaga pemasar syariah. Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari 15.300 agen berlisensi syariah dari Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI).
Allianz Life Syariah juga telah mendistribusikan total manfaat asuransi sebesar Rp 172,3 miliar dan 60,8% dari jumlah tersebut merupakan santunan atau klaim, yang mewujudkan prinsip tolong-menolong antar sesama peserta asuransi syariah.
Selain itu, salah satu kampanye yang dilakukan Allianz Life Syariah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konsep kebaikan yang diusung oleh asuransi syariah diantaranya adalah melalui ajakan #AwaliDenganKebaikan #1000SenyumKebaikan di Facebook dan Instagram. Allianz Life Syariah mengajak masyarakat untuk mengunggah foto diri yang sedang tersenyum dan menceritakan kebaikan yang sudah dilakukan. Setelah mencapai lebih dari 1000 foto senyum yang dipost di media sosial, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli memberikan bantuan edukasi kesehatan untuk Program Kesehatan Lansia, Ibu Hamil dan Balita di 5 titik wilayah Jakarta. Dari senyum yang dipost oleh netizen ini, lebih dari 1200 orang telah menerima manfaatnya.
“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konsep kebaikan yang diterapkan dalam asuransi syariah. Dengan beragam kegiatan dan inisiatif yang kami lakukan, harapannya konsep kebaikan yang disebarluaskan Allianz dapat terus berkembang dan semakin diterima dengan baik oleh masyarakat secara luas dan universal.” tutup Yoga.
Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.
Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.
Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.
Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.