Yayasan Allianz Peduli dan Tanah Air Lestari Berkolaborasi Meluncurkan Program “Empowered” 

Yayasan Allianz Peduli, bekerja sama dengan Tanah Air Lestari dan berkolaborasi dengan Koalisi Ekonomi Membumi mengumumkan peluncuran program Allianz Peduli Empowered (Economic Empowerment for Entrepreneurs and Disabilities)

14 Maret 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 13 Maret 2024 – Yayasan Allianz Peduli, bekerja sama dengan Tanah Air Lestari dan berkolaborasi dengan Koalisi Ekonomi Membumi, dengan bangga mengumumkan peluncuran program Allianz Peduli Empowered (Economic Empowerment for Entrepreneurs and Disabilities), sebuah inisiatif jangka panjang yang bertujuan untuk mendorong pemberdayaan ekonomi bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan individu penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

Program Empowered sendiri telah diselenggarakan oleh Yayasan Allianz Peduli selama enam kali semenjak tahun 2016. Program ini pada awalnya fokus pada pemberdayaan ekonomi pelaku UMKM penyandang disabilitas, namun sejak program ke-lima, dapat dikuti oleh pelaku UMKM secara umum. Pada tahun ini, program Empowered akan difokuskan di wilayah Jabodetabek, dan akan menargetkan wilayah Jawa Tengah pada tahun berikutnya. Hal ini dilakukan agar program Empowered tidak hanya berfokus pada pemberian dampak positif dalam jangka pendek, namun dapat turut menciptakan perubahan yang berkelanjutan di berbagai wilayah di Indonesia. Melalui kolaborasi inovatif ini, Yayasan Allianz Peduli dan Tanah Air Lestari berkomitmen untuk mendampingi pelaku UMKM agar dapat tumbuh menjadi usaha yang lestari dengan melakukan kolaborasi antar sesama bisnis atau dengan para calon mitra. Program ini fokus pada UMKM yang menerapkan prinsip ramah lingkungan dan sosial.

Foto acara

Menyikapi pentingnya inisiatif ini, Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli, menyatakan, "Program Allianz Peduli Empowered adalah simbol komitmen kami untuk mendorong kolaborasi, inovasi, dan keberlanjutan dalam sektor UMKM. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar kami, yakni pemberdayaan ekonomi. Dengan memberikan dukungan yang ditargetkan kepada UMKM yang beroperasi dengan memanfaatkan potensi komoditas lokal, kami ingin memacu perubahan positif dan membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi inklusif."

Program Allianz Peduli Empowered hadir pada saat banyak UMKM mulai berfokus dampak sosial dan lingkungan. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi pergeseran yang signifikan menuju praktik bisnis yang berkelanjutan. Ditunjukkan dengan banyaknya UMKM yang semakin menyadari pentingnya mengintegrasikan pertimbangan sosial dan lingkungan ke dalam operasi mereka. Menggandeng harapan ini, Febri Raharningrum, Direktur Tanah Air Lestari menekankan, "Di Tanah Air Lestari, kami percaya pada kekuatan kemitraan dan inovasi untuk mendorong perubahan yang bermakna. Melalui program Allianz Peduli Empowered, kami bangga bergabung dengan Yayasan Allianz Peduli Indonesia untuk mendampingi UMKM

Foto acara

Para peserta program akan mendapatkan dukungan intensif, mulai dari sisi operasional, pengembangan bisnis, manajemen, dan menciptakan dampak melalui berbagai kegiatan, seperti laboratorium inovasi, lokakarya, dan pertemuan kolaborasi, yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan keberlanjutan ekonomi UMKM. Relawan yang merupakan karyawan Allianz Indonesia juga akan terlibat dalam memberikan bimbingan dan dukungan bagi peserta program, sehingga memastikan kesuksesan mereka dalam mewujudkan potensi bisnis mereka.
Selain itu, melalui bersinergi dengan Koalisi Ekonomi Membumi, yang berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan bisnis lestari dan menciptakan peluang pendanaan bagi para pelaku UMKM, langkah awal program ini diharapkan dapat menjadi katalis dalam mempercepat pertumbuhan UMKM hijau di Indonesia.

Pada setiap tahunnya, program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan, termasuk pendampingan intensif bagi 20 UMKM terpilih, 10 potensi kolaborasi yang tercipta, dan terbukanya akses untuk mitra potensial. Pada tahun ini, diterima 161 proposal dari UMKM yang ingin berpartisipasi di dalam program dan setelah melalui proses seleksi maka telah terpilih 50 UMKM yang mengikuti kick-off dan partnership matching. Setelah ini akan diseleksi 20 UMKM untuk mengikuti proses pembinaan yang lebih mendalam. Lebih dari itu, program ini juga diharapkan dapat menciptakan outcome berupa peningkatan kapasitas operasional UMKM, peningkatan akses pasar, dan penciptaan peluang kolaborasi baru dalam ekosistem UMKM. Dengan demikian, dampak dari program ini akan terasa jauh lebih luas, memperkuat ekonomi lokal, mendorong pertumbuhan berkelanjutan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.