Pengertian-single-premium

Yuk, Berkenalan dengan Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya

19 November2019 | Allianz Indonesia
Asuransi perjalanan atau travel insurance merupakan salah satu jenis asuransi kerugian yang menyediakan perlindungan bagi seseorang selama berada dalam perjalanan. Asuransi ini sangat tepat untuk kamu yang suka bepergian jarak jauh dengan menggunakan pesawat, baik untuk business trip maupun liburan.

Dengan memproteksi diri dengan asuransi perjalanan, kamu tidak perlu lagi khawatir jika terjadi hal-hal tak menyenangkan selama di perjalanan seperti pesawat terlambat, bagasi hilang atau terlambat, kecopetan, hingga ketika harus dirawat di rumah sakit.

Karena, perusahaan asuransi akan menanggung kerugian finansial yang terjadi akibat hal tak terduga tersebut.

Umumnya, asuransi perjalanan ini dijual di situs perusahaan asuransi, situs booking pesawat, situs booking hotel, atau di bandara.

Di beberapa negara, travel insurance sudah menjadi syarat wajib bagi pengunjung ketika mengajukan visa, contohnya 25 negara yang tergabung dalam Visa Schengen. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh dari asuransi perjalanan.

Perlindungan medis

Kamu akan mendapatkan manfaat pengobatan di luar negeri, baik berupa penggantian biaya pengobatan (hospital benefit) maupun santunan tunai harian untuk rawat inap di luar negeri (cash plan).

Bantuan darurat

Menghadapi masalah di negeri orang pasti tidak menyenangkan. Asuransi perjalanan memberikan bantuan darurat jika kamu menghadapi hal tak terduga yang tidak menyenangkan di luar negeri. Bantuan darurat ini mencakup evakuasi medis, pemulangan jenazah, dan 24 jam hotline bantuan darurat.

Manfaat kecelakaan

Jika kamu mengalami kecelakaan di luar negeri, maka asuransi perjalanan akan memberikan santunan kecelakaan dan santunan cacat permanen.

Manfaat kunjungan dan perawatan

Manfaat ini memberikan penggantian biaya untuk satu orang kerabat atau keluarga untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama jika nasabah dirawat di luar negeri.

Ketidaknyamanan perjalanan

Risiko yang juga mengintai seseorang bila bepergian ialah risiko barang rusak atau hilang, serta keterlambatan penerbangan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka kamu akan memperoleh perlindungan atas kerusakan dan kehilangan bagasi, uang, dan dokumen yang hilang selama perjalanan, atau luka akibat huru-hara atau terorisme.

Kemudian, kamu akan memperoleh santunan untuk keterlambatan penerbangan dan bagasi, serta perlindungan atas pembatalan perjalanan.

Perlindungan rumah

Mengganti biaya kerugian akibat kebakaran rumah beserta isinya ketika nasabah melakukan perjalanan.

 

Premi terjangkau dibandingkan potensi risiko kerugian yang lebih besar

Premi asuransi perjalanan termasuk terjangkau jika dibandingkan dengan biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan itu sendiri. Lagipula, dibandingkan dengan potensi kerugian yang bisa kamu hadapi jika risiko terjadi, maka premi asuransi perjalanan terbilang cukup terjangkau. Asuransi perjalanan ada yang dijual untuk melindungi individu maupun keluarga. Premi ini ada yang dibayar sekali (single premium) atau mingguan. Besaran premi asuransi perjalanan dipengaruhi oleh:

  • Usia tertanggung
  • Periode perlindungan, maksimal hingga 183 hari
  • Tujuan negara
  • Nilai manfaat yang dipilih nasabah
  • Jika kamu sedang mencari travel insuranceuntuk menemani perjalananmu, kamu bisa menimbang Allianz New Annual TravelPro, asuransi perjalanan dari Allianz Indonesia yang menyediakan perlindungan untuk nasabah berusia 14 hari hingga 84 tahun. Dengan premi mulai dari Rp47.000 per orang per minggu, nasabah akan memperoleh total manfaat hingga 250%. Perlindungan tersebut berupa:

- Periode perjalanan maksimal 183 hari

- Penggantian kerugian akibat pembatalan atau penyingkatan perjalanan

- Penggantian untuk kehilangan dan kerusakan bagasi

- Santunan untuk penundaan penerbangan dan bagasi dengan masa tunggu mulai dari empat jam

- Penggantian biaya pengurusan kehilangan dokumen perjalanan

- Perlindungan biaya medis akibat sakit atau kecelakaan dengan metode cashless untuk rawat inap rumah sakit dengan kondisi yang dijamin dalam polis

- Layanan evakuasi darurat dan pemulangan jenazah

Dengan paparan di atas, semoga kini kamu semakin paham tentang asuransi perjalanan. Apapun perjalanan yang akan kamu lakukan, baik business trip maupun traveling, pastikan dirimu terlindungi dengan memiliki asuransi perjalanan. Dengan asuransi perjalanan, pikiran tenang, perjalanan lebih menyenangkan.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023